Kamis, 11 Juni 2009

Jembatan SURA MADU Terpanjang Se Asia Tenggara

. Kamis, 11 Juni 2009




Nntn berita tadi sore jembatan SURAMADU (singkatan surabaya dan madura) yang udah jadi dan terbesar se asia tenggara, ada yang mengabadikan momen untuk berfoto ria dan ada juga baliho dan spanduk2 para capres berada disana yang di beritakan dalam berita. sini dia liputan dan selengkapnya.

Akhirnya, Pembangunan Fisik Suramadu Selesai

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009[2]. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.

Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.

Konstruksi
Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari tiga jenis jembatan dengan panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Jembatan ini menyediakan empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi luar jembatan [3][4].

Jalan layang
Jalan layang atau Causeway dibangun untuk menghubungkan konstruksi jembatan dengan jalan darat melalui perairan dangkal di kedua sisi. Jalan layang ini terdiri dari 36 bentang sepanjang 1.458 meter pada sisi Surabaya dan 45 bentang sepanjang 1.818 meter pada sisi Madura.

Jalan layang ini menggunakan konstruksi penyangga PCI dengan panjang 40 meter tiap bentang yang disangga pondasi pipa baja berdiameter 60 cm [5].

Jembatan penghubung
Jembatan penghubung atau approach bridge menghubungkan jembatan utama dengan jalan layang. Jembatan terdiri dari dua bagian dengan panjang masing-masing 672 meter.

Jembatan ini menggunakan konstruksi penyangga beton kotak sepanjang 80 meter tiap bentang dengan 7 bentang tiap sisi yang ditopang pondasi penopang berdiameter 180 cm [6].

Jembatan utama
Jembatan utama atau main bridge terdiri dari tiga bagian yaitu dua bentang samping sepanjang 192 meter dan satu bentang utama sepanjang 434 meter.

Jembatan utama menggunakan konstruksi cable stayed yang ditopang oleh menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan menggunakan konstruksi komposit setebal 2,4 meter [3].

Untuk mengakomodasi pelayaran kapal laut yang melintasi Selat Madura, jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter dari permukaan laut [3].

Selesainya pembangunan Jembatan Nasional Suramadu yang menjadi penantian lama mulai terjawab sudah. Jumat (5/6) pelaksana proyek telah menyelesaikan pembangunan fisik. Aktifitas pekerja proyek saat ini tengah merampungkan pengerjaan marka jalan pada aspal badan jalan.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V, Ir AG Ismail MSc mengatakan, marka jalan yang kini tengah diselesaikan yakni berada di Appraoch Bridge sisi Surabaya. Pemasangan marka tersebut kami pastikan akan selesai nanti malam tepat pukul 00.00 WIB.

Target selesainya pelaksanaan fisik pada Jumat, (5/6), adalah sebagai jawaban dari pernyataan Menteri PU, Joko Kirmanto saat kunjungan ke lokasi proyek pada Jumat, (29/5) bersama empat menteri. ”Dengan rampungnya pengerjaan fisik, maka saat ini pembangunan jembatan pertama di Indonesia ini progresnya telah mencapai 100%,” katanya..

Setelah mencapai 100%. Mulai , Sabtu (6/6) Jembatan Suramadu mulai disterilkan untuk persiapan peresmian pada 10 Juni. Dengan selesainya pelaksanaan fisik tersebut, sebagian rambu-rambu lalulintas yang belum terpasang juga akan kami pasang. Rambu-rambu tersebut diantaranya yang terdapat pada bentang tengah, dan jalan akses di sisi Madura. Diantara rambu-rambu tersebut, diantaranya berupa rambu-rambu larangan hewan ternak dan liar melintasi jalan akses, lebih-lebih masuk jembatan.

Lebih lanjut Ismail menjelaskan, tentang alasan peresmian yang diberlokasi di sisi Madura, karena protokoler acara memang telah menetapkan lokasi tersebut.

Seperti diketahui, panjang total Jembatan Suramadu 5.438 m meliputi Causeway sisi Surabaya 1.458 m, Causeway sisi Madura 1.818 m. Sedang untuk bentang tengah panjang keseluruhan mencapai 2.162 m terdiri dari dua Approach Bridge masing-masing 672 m dan Main Bridge sepanjang 818 m. Panjang jalan pendekat di sisi Surabaya mencapai 4,35 km dan di sisi Madura 11,50 km. Proyek pembangunan jembatan suramadu mulai dikerjakan pertengahan tahun 2002. (Tim Suramadu)

Konsultan

2006 - 2009

Konsultan Manajemen Konstruksi adalah PT. Virama Karya, bekerja sama dengan PT. Perentjana Djaya, PT Pola Agung Consulting dan COWI (Denmark)

2003-2004

Konsultan Supervisi :

* PT Perentjana Djaja bekerjasama dengan PT BIEC International dan PT Gatra Ciptatama

Konsultan Manajemen Konstruksi

* PT Hasfarm Dian Konsultan bekerjasama dengan PT Yodya Karya.

Tinjauan SBY



Jembatan SuraMadu



Jembatan SuraMadu


Desain Suramadu


Gambar ini Search di google ntah dimana tp mirip suramadu yah?


32 comments:

Mbah Ngepot mengatakan...

mudah2an bisa awet.. bukan cuma bisa membangun tapi minim perawatan

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Kapan yah ada jembatan SURAWESI?

Mimpi kali yeh...

donalduck mengatakan...

kolong jembatan di jkt fungsinya buat naro barang bekas...

kolong suramadu...? buat nyimpen madu...? whehe...

zujoe mengatakan...

wuiiihhh.... kita patut berbangga hohohoho...

donalduck mengatakan...

TA stag? semangat wal.. semangat....

anak kost? jd anak kost enak kok, dienjoy ajah..okeeehhh. pi wiken...

Love4all1080 mengatakan...

;;) come back visit your blog
:)]

iwan setiawan mengatakan...

ada satu hal penting dalam setiap pembangunan infrastruktur baru, yaitu tidak mematikan mata pencarian orang yang sudah lama mencari nafkah di tempat yang lama...

reni mengatakan...

Pengen deh suatu saat aku bisa berada di atas jembatan itu.
Ohya, aku dengar katanya sekarang jembatan itu digunakan orang-2 untuk mancing tuh... Hehehe...
Lumayan juga, bisa mancing di laut tanpa harus nyewa perahu hehehe

Belajar SEO mengatakan...

tambah lagi deh kebanggan kita sebagai bangsa indonesia... LANJUTKAN!!!!! hehehe

bunga raya mengatakan...

wah indah jembatannya sama ga ya dengan jembatan siak

Abah mengatakan...

saloam kenal kawan apa kabar jembatan yang bagus

agoez3 mengatakan...

Af1 baru nengok2 lagi mas awal.
Waaah, suramadu ya??? bagus tuh, bisa ngurangin resiko tenggelam kapal feri, khan gak usah berenang kalau mau beli sate. he.. he..

kucrit mengatakan...

mudah-mudahan dengan adanya jembatan ini lalu lintas surabaya madura bisa tambah lancar...

New Bie Oon mengatakan...

walah Oom q yang di atas lagi ngeker apaan tuh? pulau ambalat ya?? hikz.. btw.. abis berapa duit tuh mas bikin jembatannya??

Awal Sholeh mengatakan...

@ mas iwan ; wah jauh amat tuh mas surawesi. ;)

Awal Sholeh mengatakan...

dina : lain kali main2 kejakarta ah, din di ajak dunk kawanmu ini. ;P

Awal Sholeh mengatakan...

new bie: ya si om lagi ngeker jembatan baru.. belum taw neh. anggaranya belum dikembalikan dan dikasih kan kesaya. ;P just kidding. masalah anggaran kemarin kelewatan beritanya

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

mampir lagi bro,... bawa proposal jembatan SURAWESI

Mas Andy mengatakan...

bikin jembatan abis duit banyak ujung2nya jangan2 ditempelin spanduk/baleho para capres :(

VrMan Bahas Komputer mengatakan...

Hihi.... Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia , Dan aku Juga Bangga Mempunyai Bapak president SBY , Dan Saya Lebih bangga , akhirnya indonesia mempunyai jembatan terbesar se asia tenggara ....

Dengan adanya Jembatan SUramadu , warga surabaya yang ingin berpegian , dapat menggunakan jembatan ini sebagai alternatifnya , begitu juga warga madura ....

Dengan adanya info ini , saya jadi lebih banyak tau ...

Thx sob atas infonya

VrMan Bahas Komputer mengatakan...

terimakasih ...

banner link kamu sudah saya pasang ...

silahkan kamu check di blog q ..

oke sob ...

apabila ada kesalahan ,,, Dimohon konfirmasinya ...
maklum sob ... saya masih newbie ... bisa di bilang saya ini Ghaptek :d

artiirhamna mengatakan...

jembatan ini emang keren...
jadi ikon di Indonesia

AeArc' mengatakan...

wah keren yach!

genialbutuhsomay mengatakan...

mantep emang da ahh... tp jd was-was tu klu liwad stu dlm keadaan minim perawatan spt yg di utarakan siapa td tu di atas komennya.. hehehe.. salam kenal mas :)

Latree mengatakan...

huhu... pengen deh bisa lewat..

diachra mengatakan...

semoga fasilitas ini benar-benar dimanfaatkan secara positif sehingga dapat memberikan syafaat bagi para penggunanya..,

berantaskorupsi mengatakan...

wah jembatanya kyanya memagn besar yah..

Anonim mengatakan...

bohong... jambatan suramadu masih kalah dgn penang brigde... kalian ditipu terus sama media.

Anonim mengatakan...

:D

bayu mengatakan...

seoga mimpi ini akan segera jadi kenyataan..

Admin mengatakan...

Nice posting buddy…I love to read it…I love your blog. Thanks for sharing..
I would like to share good news also. Here you:

English Teachers Urgently Required !!!

A fast-growing National English Language Consultant is hunting for professional English Tutors with the following qualifications:

i. Competent, Experienced, or Fresh Graduate
ii. Proficient in English both spoken & written
iii. Friendly, Communicative, & Creative
iv. Available for being placed in one of the following branches:

a. Balikpapan, BRI Building 8th Floor, Jln. Jend. Sudirman No 37 Klandasan BalikpapanTelp: 0542-737537
b. Samarinda, Jl. Untung Suropati Kompleks Mahakam Square Blok C6 - 75117 Telp (0541)273163, 272644

If you meet the qualifications above, please send your resume to the address you are applying for or to our email: easyspeak.recruitment@gmail.com within 2 (two) weeks after this advertisement.

Visit http://www.easyspeak.co.id for further information about our company.

Admin mengatakan...

NATIONAL ENGLISH LANGUAGE CONSULTANT

Membutuhkan karyawan untuk posisi

FRONT OFFICER

KUALIFIKASI DAN PERSYARATAN
Bisa computer ( Msoft word dan exel )
Bisa bahasa inggris ( pasif )
Berpenampilan menarik
Friendly personality
Communicative and creative
Bisa bekerja full day

EMPLOYMENT BENEFITS
Berpenghasilan menarik
Pegawai tetap
career
Mendapat tunjangan JAMSOSTEK

Kirim lamaran anda ke
BRI Building 8th Floor, Jln. Jend. Sudirman No 37 Klandasan Balikpapan
Telp: 0542-737537

Atau kirim ke
easyspeak.recruitment@gmail.com

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Recent Comentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com