Jumat, 31 Desember 2010

Kisah "Perahu Nabi Nuh" di Lampulo

. Jumat, 31 Desember 2010

Kisah "Perahu Nabi Nuh" di Lampulo


Liputan6.com, Banda Aceh: Pagi itu, becak motor yang membawa dua penumpang melaju santai di ruas jalan menuju tempat pendaratan ikan Lampulo, Kota Banda Aceh, Nanggroe Aveh Darussalam. Di sisi kiri jalan, puluhan unit kapal ikan bersandar di dermaga kayu pinggir Sungai (Krueng) Aceh yang airnya bewarna kecoklat-coklatan.

Beberapa nelayan yang bertelanjang dada asyik merajut jaring di atas kapal. Tidak ada aktivitas kapal berlayar di Krueng Aceh pada Ahad, 26 Desember 2010.

"Pak, kenapa tidak ada boat berlayar pagi ini, lazimnya aktivitas nelayan yang pulang atau pergi melaut untuk menangkap ikan pada pagi hari seperti di daerah lain," tanya penumpang becak motor yang mengaku dari Jakarta dan tengah mengisi liburan akhir tahun di Banda Aceh.

"Hari ini, para nelayan seluruh Aceh tidak melaut untuk mengenang kembali peristiwa tsunami enam tahun silam," kata Usman, pengemudi becak motor itu.

Mata wisatawan itu tertuju pada sebuah rumah yang di atasnya terdapat seunit perahu tidak beda dengan boat-boat yang bersandar di TPI Lampulo tersebut. "Kapal nelayan yang ada di atas rumah warga itu merupakan salah satu bukti tsunami dan orang-orang menyebutnya sebagai `perahu Nabi Nuh` yang terhempas gelombang laut enam tahun silam," kata Usman.



Saksi enam tahun lalu menyebutkan, 59 warga di atas kapal ikan nelayan yang terhempas ke daratan terselamatkan saat tsunami, 26 Desember 2004. Dan kisah para korban tsunami itu tertuang dalam sebuah buku saku yang ditulis oleh 10 dari 59 orang yang menjadi penumpang perahu nelayan tersebut, enam tahun silam. Buku saku itu berjudul Mereka Bersaksi.

Abasiah, salah seorang korban selamat, mengisahkan, saat tsunami menjangkau permukimannya di Lampulo dengan ketinggian lebih dari satu meter, tiba-tiba perahu nelayan itu muncul di hadapannya. "Waktu itu, kami sekeluarga yang masih berada di dalam rumah langsung ke luar, dan tanpa pikir panjang memanjat kapal yang sudah berada di hadapan kami," katanya.

Karena air laut yang mencapai daratan terus meninggi, sebagian warga keluar melalui atas rumah untuk mencapai kapal nelayan itu. "Itu kapal bersejarah dan telah banyak warga terselamatkan dari tsunami," kata Abasiah.



Abasiah, warga Lampulo yang rumahnya berdekatan dengan TPI itu menceritakan awal "perahu Nabi Nuh" tersebut bertengger di atas atap rumah permanen miliknya. "Awalnya, saya mengira perahu itu sengaja didatangkan untuk menyelamatkan orang-orang dari amukan air laut menerjang permukiman penduduk," katanya.

Di dalam rumah permanen yang kini masih bersemayam "perahu Nabi Nuh" itu, Abasiah tidak sendiri ketika tsunami sebab ada anak-anaknya yaitu Agin, Ghazi, Thoriq, Zalfa, dan seorang putri angkatnya, Yanti.

"Dari jendela lantai atas, saya melihat banyak boat ikan yang hanyut di depan rumah dengan kecepatan tinggi, seperti mobil-mobilan yang ditarik mundur lalu dilepaskan," ujar Abasiah.

Abasiah mengisahkan, saat itu mereka yang berada di lantai dua bangunan rumahnya, terus berdoa dan berzikir seraya saling meminta maaf karena "akan berakhirnya sebuah kehidupan". "Waktu itu tidak ada tangis, tapi wajah-wajah ketakutan sambil terus berdoa dan berzikir berharap hanya ada pertolongan dari Allah, jika memang kami masih diberi kesempatan untuk hidup," katanya.

Setelah semuanya berada di atas "perahu Nabi Nuh" itu, Abasiah dan orang-orang lainnya terus mengaji, berdoa, berzikir kepada Allah, selain menyaksikan kehancuran akibat diamuk tsunami, 26 Desember 2004. "Kami melihat kapal cepat yang membawa penumpang Pulau Sabang-Banda Aceh tidak bisa berlabuh dan helikopter terbang di atas," katanya.

Saksi peristiwa tsunami lain, Samsuddin Mahmud, mengaku bahwa ia dan beberapa orang tetangga merupakan rombongan pertama yang naik ke atas "perahu Nabi Nuh" itu. "Awalnya kami mengira bahwa perahu ini sengaja didatangkan oleh `malaikat` untuk menyelamatkan orang-orang," kisahnya.

Sebelum menaiki perahu itu, Samsuddin yang sudah berada di lantai dua rumah tetangganya mengaku ketinggian di lantai tersebut lebih satu meter dan bewarna hitam pekat. "Ketika saya sudah berada di lantai dua rumah milik tetangga, air sudah sebahu. Kemudian, tiba-tiba terlihat perahu itu dan kami langsung berebut menaikinya," katanya.

Kisah korban selamat lainnya, Erlina Mariana Rosada Sari, mengisahkan bahwa sewaktu dalam boat tersebut, sempat gelombang laut silih berganti menerjang daratan dan dalam waktu bersamaan guncangan gempa masih terasa. "Orang-orang di dalam perahu ini terus mengumandangkan azan dan berdoa. Hanya doa dan zikir yang bisa kami lakukan saat tsunami itu," katanya.

Erlina menyatakan, dari atas perahu itu menyaksikan rumahnya luluh-lantak dan daratan tanpa bekas karena sudah dipenuhi air keruh. Ibarat hamparan lautan yang luas.

"Perahu Nabi Nuh" yang tidak lagi berlayar dan tetap tegak bersandar di atas atap rumah Abasiah di gampong Lampulo. Bahkan, tidak bertuan. Kini, tempat itu dijadikan sebagai salah satu aset wisata peninggalan tsunami.

"Perahu itu menjadi salah satu objek wisata yang memiliki makna sebagai peringatan Allah, karena dengan melihat ini orang bisa berpikir tentang kekuasaan Sang Maha Pencipta yang tiada tara," kata Wakil Walikota Banda Aceh Illiza Sa`aduddin Djamal.

"Rumah boat" atau "Perahu Nabi Nuh" yang berjarak sekitar dua kilometer dari pusat Kota Banda Aceh itu saat ini menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan. Tidak hanya warga nusantara, tapi juga turis asing. Selain menyaksikan bukti fisik, para wisatawan juga bisa mendengarkan kisah-kisah unik dan ajaib dari peristiwa tsunami enam tahun silam dari korban selamat di "Rumoh Boat" atau "Perahu Nabi Nuh" itu.

Keusyik (Kades) Gampong Lampulo Alta Zaini mengatakan, warganya sudah siap menerima wisatawan yang akan berkunjung ke situs tsunami tersebut. "Perahu Nabi Nuh" yang kini bersemayam di lantai dua rumah Abasiah itu memiliki sekitar 18 meter, berkonstruksi kayu, dan kini telah dibangun tangga untuk mencapai bagian dalam boat tersebut.(ANT/SHA)

yahoo news.


57 comments:

indrahuazu mengatakan...

lama tak menyapa, mulai aktif nulis lagi nih?hehe

digituck.blogspot.com mengatakan...

dah lama gk kunjung sobat yg satu ini ! gmn khbrnya S0b ?

Anonim mengatakan...

sory sobat lm gk ol neh. cuma update2 dikit. he3... thanks udh mampir yah

awal; sholeh

sewa mobil murah mengatakan...

nice info

xamthone plus mengatakan...

wah ternyta msih ada jg ya perahu Nabi Nuh,,
emz ky'y perahu'y sangt menarik sekli tuh, jdi pngent liat k tkp. he....

obat alternatif mengatakan...

info yg sangt menarik sekli nih,,
ternyata msih ada jg ya perahu pda zmn nabi nuh..

agen xamthone plus banjarmasin mengatakan...

postingan yg sangt menarik nih,, emz baru tahu jg nih ternyata mzih ada perahu zman nabi Nuh jdi pnasaran nih pengent liat scra langsung perahu'y

obat alternatif kanker payudara mengatakan...

kisah yang menarik

selli_usel mengatakan...

. subhanaallah

. nice to

philosophys mengatakan...

walaupun para ahli telah menemukannya, sejarahnya masih tetap misteri..

music improvisation mengatakan...

coba mendarat d palembang yak??he3

read well mengatakan...

kerangka sejarah!

agen xamthone plus depok mengatakan...

cerita yang sangat menarik,.
thanks

xamthone plus mengatakan...

nice info gan,..

xamthone plus mengatakan...

nice info gan,..

xamthone plus mengatakan...

nice info gan,..

Xamthone plus mengatakan...

tsunami merengut nyawa banyak orang diaceh ,, hmhh manusia bagi air mungkin tidak ada apa2nya sehingga bisa hanyut begitu saja ..:(

Obat Asam Urat mengatakan...

hmhh,, perahu yang nyangkut diatas besar sekali yah ..
g kebayang seberapa besar kekuatan tsunami ,,

Obat Tradisional Asam Urat mengatakan...

gede bangatt tuh kapalnya yang mendarah ..
wah ,, g kebayang yah betapa besarnya kekuatan tsunami itu ..:(

agen xamthone plus bekasi mengatakan...

ukhh,, share yang menarikk gan saya jadi lebih tahu tentang hal itu ...:)
makasihh gan :)

obat alami asam urat mengatakan...

ough,,, kirain bener,,,

obat herbal jantung koroner mengatakan...

wah infonya bagus

profil pengelola mengatakan...

ternyata ga serius... =))

cara pemesanan trica jus mengatakan...

salam kenal gan, bagi-bagi kata motivasi nih, semoga dapat di terima :D
||
||
\||/
\/
==================================================
Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama diipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
==================================================

obat serangan jantung mengatakan...

ya mirip kisah perahu nabi nuh......

Pengobatan Asam Urat Alami mengatakan...

ahaha... jadi kia ketipu nih??

Gamat Luxor mengatakan...

kirain beneran nih ah... ane jadi malu..

obat penyakit lupus mengatakan...

mantap

Obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya gan,,,,,

Obat herbal penyakit asam urat mengatakan...

bagus gan artikelnya

Agen XAMthone Plus Medan mengatakan...

makasih ni gan infonya

pengobatan tradisional kanker otak mengatakan...

nice post gan ,, :)

pengobatan tradisional jantung koroner mengatakan...

itu msih jd sebuah misteri gan ,,

obat usus buntu mengatakan...

kisahnya sangat menarik ...dan bagus buat di simak..

cara mengobati penyakit kista mengatakan...

thanks gan informasinya

cara penyembuhan penyakit kista mengatakan...

thanks gan informasinya

Obat alami infeksi saluran kemih mengatakan...

bahasan yg menarik nih sob :D

Obat kencing manis alami mengatakan...

kisah perahu nabi nuh itu ya...

obat alami asam urat mengatakan...

thanks gan informasinya

obat alami hepatitis mengatakan...

neci post

obat kanker prostat mengatakan...

makasih infonya

Obat Herbal Xamthone Plus mengatakan...

subhanalloh

obat alami thalasemia mengatakan...

sip deh gan artikelnya

obat tradisional jantung koroner mengatakan...

luar biasa sekali

cara mengobati ejakulasi dini mengatakan...

artikel menarik paling suka sama sejarah islam.:)

obat teradisonal mengatakan...

besar y..:)

obat hepatitis c mengatakan...

subhanalohh..

obat stroke mengatakan...

luwarbiyasa ya perahu y besarr padahal di buat jaman dulu ,,

obat darah tinggi mengatakan...

makasi atas info y ,bermanfaat sdekali..

gejala awal serangan jantung mengatakan...

ok juga gan

obat herbal ace maxs mengatakan...

nice artikel gan ,, :)

kulit manggis sebagai antioksidan mengatakan...

ooh, beneran ada ya perahu segede gitu?

obat herbal usus buntu mengatakan...

makasih banyak gan infonya

pantangan makanan penyakit jantung mengatakan...

nice gan

pantangan makanan asma mengatakan...

sukses selalu gan

silviani mengatakan...

sukses selalu gan

cara mengobati penyakit tipes secara alami mengatakan...

ditunggu gan info selanjutnya

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Recent Comentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com