Sabtu, 11 April 2009

Install Windows XP Di Compaq CQ40

. Sabtu, 11 April 2009

INSTALL WINDOWS XP IN COMPAQ CQ 40 116 TU INTEL CHIPSET

Baru beli note book baru udah bermasalah Gak bisa diinstal windows XP. CompaQ padahal bagus. tapi ada sedikit kerjaan tentang compac CQ 40 116... Mungkin ini bisa juga diaplikasi kan untuk laptop Compaq Presario CQ 40-337 TU, Compaq Presario CQ 40-338 TU, Compaq Presario CQ 40-324 TU, Compaq Presario CQ 40-325 TU, Compaq Presario CQ 40-328 TU. yang wajib instal os Windows vista padahal kita kan masih butuhin Windows XP yang sip n kompatibel ma software2 yang masih saya gunain maklum mahasiswa... Alhamdulillah akhirnya saya telah berhasil mengistal WINDOWS XP SP2 di COPMPAQ CQ 40 116 TU.

Problemnya adalah terletak pada sistem proteksi internal di Laptop HP Compaq untuk tidak menggunakan sistem operasi lain selain Windows Vista. Jadi bawaan pabriknya kan Vista

Kebetulan ada cara instal compac CQ 40 116 ke os XP

cara yang gak beresiko...

Ada 2 cara pertama dengan 1. update BIOS-nya, tapi ini kalau gak hati-hati resikonya bisa mati total NOTEBOOK ANDA. 2. Cara kedua dengan mengintegrasikan master XP with SATA AHCI nya menggunakan NLITE. Jadi dengan alasan keamanan mendingan pake cara yang kedua aja jangan mencoba trik yang pertama karena sangat beresiko.

Peralatan yang dibutuhkan untuk mengintegrasikan SATA AHCI nya itu antara lain:
1. NET FRAMEWORK
2. NLITE
3. Sata AHCI CQ40 (Untuk Intel)

INI ada pilihan untuk Sata Achi DRIVER Untuk INTEL DI COMPAQ CQ 40 dan AMD DI COMPAQ CQ 40

Jika 3 software di atas sudah ada maka mulai buat CD Installer WINDOWS XP dengan rencana memasukan driver SATA AHCI (Slipstreaming). Gunakan komputer lain yang ada Nero Burningnya.

1. Instal dulu Net framework sampai Finish. Kemudian NLITE nya.
2. Buka NLITE lalu pilih NEXT.


-Pilih lokasi CD Setup Windows.
-Pilih atau buat folder tempat penyimpanan.


-nLite akan menyalin file dari CD setup windows XP ke folder penyimpanan.


-Pilih Drivers dan Bootable ISO.Kemudian Pilih Single Driver.

-Pilih SATA AHCI Controller yang sesuai dengan chipset notebook anda. Untuk melihat tipe chipset bisa menggunakan aplikasi CPU-Z.

-Khusus untuk HP Compaq Cq 40 gunakan yang didownload tadi tentukan lokasi filenya. Driver SATA untuk CQ40 yang dibutuhkan adalah "Intel(R) ICH9M-E/M SATA AHCI Controller" yang terdapat pada "iaAHCI.inf" (di dalam folder yang download tadi). Jadi pilih driver itu jangan yang lain.


-Tahap selanjutnya adalah Create Iso (Buat ISO) atau direct burning (bakar langsung) ke media CDR untuk menjadi sebuah kepingan CD Booting XP hasil kreasi Anda.


Selamat Anda Telah berhasil membuat sendiri CD booting WINDOWS XP untuk HP COMPAQ CQ 40 atau bahkan bisa dipakai untuk menginstal pada PC atau Notebook lain.

Langkah Selanjutnya adalah Menginstal Laptop anda dengan CD booting XP yang telah dibuat sampai finish. Berikut ada beberapa driver yang diperlukan untuk menyempurnakan instalasi Windows XP pada laptop kesayangan anda.

Driver Chipset
http://files.samadpower.com/drivers

Driver WIFI (7,5 MB)
SOFTPAQ NUMBER: SP39912
ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp39501-40000/sp39912.exe

Driver bluetooth (40,2 MB)
SOFTPAQ NUMBER: SP32883
ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp32501-33000/sp32883.exe

Driver & Aplikasi Webcam (50,7 MB)
SOFTPAQ NUMBER: SP37849
ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp37501-38000/sp37849.exe

Driver TouchPad (24,8 MB)
SOFTPAQ NUMBER: SP38455
ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp38001-38500/sp38455.exe

Driver Quick Launch Buttons (20,6 MB)
SOFTPAQ NUMBER: SP39425
ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp39001-39500/sp39425.exe

Driver Modem (17,7 MB)
SOFTPAQ NUMBER: SP39689
ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp39501-40000/sp39689.exe

Driver VGA (20,4 MB)
Keywords : VGA_win2k_xp14363.exe
http://downloadcenter.intel.com/T8Clearance.aspx?url=/17115/a08/win2k_xp14364.exe&agr=Y&ProductID=2991&DwnldID=17115&lang=eng

LAN
http://files.samadpower.com/drivers

Driver Card Reader
Driver bawaanbya Vista saja, cocok kok

Audio Driver
Microsoft UAA Bus Driver for HD Audio (54.26 MB)
SOFTPAQ NUMBER : SP33867
ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp33501-34000/sp33867.exe

IDT High Definition Audio CODEC (18.82MB)
SOFTPAQ NUMBER : SP39671
ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp39501-40000/SP39671.exe

Hotfix kb888111.exe (1)
http://files.samadpower.com/drivers

HDMI Driver (2)
http://files.samadpower.com/drivers

Audio patch (3)
http://www.ziddu.com/downloadlink/5774588/audiopatch.rar


3 Hosting Milik Mas Andy http://www.andy-compuhouse.co.cc/

WARNING : jangan sampai salah urutan

Urutan dan Cara menginstall modem dan driver Audio XP pada Compaq Presario CQ40-116TU Notebook:
Driver Audio ini hendaknya di install setelah selesai menginstall driver chipset & VGA,

Install Microsoft UAA Bus Driver for HD Audio dulu baru kemudian IDT High Definition Audio CODEC
Jika setelah instalasi kedua driver diatas belum muncul "found new hardware" maka installah hotfix kb888111.exe atau cukup jalankan audiopatch.bat.

Jika sudah muncul "found new hardware" pilih "install from a list or spesific location(Advance)" klik next trus pilih "don't search. i will choose the driver to install" klik Next pilih yang "sound, video and game controllers" klik next, klik have disk. arahkan ke "C:\SWSetup\SP39671\WDM\WinXP" trus pilih yang "STHDA.INF" klik OK trus klik drivernya (IDT High Definition Audio CODEC) klik next.

Jika sudah muncul "found new hardware" lakukan langkah seperti diatas kemudian arahkan ke tempat anda menaruh driver HDMI (extract dulu file rar-nya) trus pilih "IntcHdmi.inf" klik ok dan pilih "Intel(R) High Definition Audio HDMI".

Jika masih muncul "found new hardware" lagi maka installah driver modemnya.
Sampai disini audio driver Compaq Presario CQ40-116TU Notebook harusnya sudah berbunyi. Coba restart laptop anda trus lihat di device manager driver audio yang tadi di install ada tidak, atau cek audio bisa bunyi nggak? kalau nggak bunyi berarti harus apply pacth, caranya adalah sebagai berikut :

Dengan melakukan resrtart Microsoft UAA Bus Driver for HD Audio service.
Karena versi terbaru driver express 4 chipset tidak mau melakukan otomatis restart service ini maka kita harus melakukannya secara manual. Caranya anda harus terlebih dahulu mendownload devcon.exe utility dari microsoft. Kemudian buatlah sebuah batch file dengan notepad dan copy tulisan berikut notepad tadi
DEVCON.EXE RESTART "PCI\VEN_8086&DEV_293E&SUBSYS_3607103C&REV_03"
Dimana PCI\VEN..... adalah hardware id dari Microsoft UAA Bus Driver for HD Audio.
Kemudian simpan di c:\patch\ dengan nama audiopatch.bat
extract file devcon.exe kemudian copy \i386\devcon.exe (jika anda menggunakan 32bit OS) atau \ia64\devcon.exe (jika anda menggunakan 64bit OS) kemudian paste di direktori yang sama dengan tempat anda menyimpan audiopatch.bat (c:\pacth\).

Agar pacth ini bisa berjalan setiap kali Notebook dijalankan maka anda harus memasukkannya kedalam startup pada registry. Jika Anda tidak bisa dan tidak begitu tahu registry ada alternatif yang lebih mudah agar patch bisa berjalan ketika startup.

Caranya buatlah shortcut dari audiopatch.bat (klik kanan, send to, desktop (create shortcut), pindahkan shortcut tadi ke C:\Documents and Settings\user\Start Menu\Programs\Startup\ dengan begitu audiopatch.bat akan dijalankan secara otomatis ketika windows dijalankan.
(Adapted from http://andy-compuhouse.blogspot.com)


kesimpulan yg saya dapat dari instal CQ 40, gampang2 susah. alhamdulilah punya saya bisa. saya downgrade akhirnya suara dr laptop pun muncul. tp ada yg bilang garansi ilang tp itu semua resiko c. kekurangannya kadang ada yg lambat atau waktu jeda jalanin program ato menggunakan laptop...

Info lainya tentang COMPAQ PRESARIO CQ 40

Solusi pertama buat sound driver Compaq CQ 40 (Sound tidak Berbunyi) : http://awalsholeh.blogspot.com/2009/06/masalah-pada-sound-compaq-cq-40.html

Solusi kedua dan penyempurnaan yang pertama buat sound Driver Compaq CQ 40 (Sound tidak Berbunyi): http://awalsholeh.blogspot.com/2009/06/masalah-pada-sound-compaq-cq-40-2.html

kalo masalah blue screen disini.
http://www.andy-compuhouse.co.cc/2008/12/compaq-cq40-116tu-win-xp-blue-screen-of.html

Note:

Artikel ini saya posting untuk membantu pengguna Compaq CQ 40 dalam menginstal Windows Xp. saya pernah dan punya kendala dulu sewaktu punya note book ini. tetapi
Apabila anda mengalami kesulitan membuat Master Windows XP di split stream dan kesulitan Download Driver-driver CompaQ CQ 40. jika anda berminat anda bisa memesan CD Windows XP Siap install dan Driver-driver CompaQ CQ 40. ongkos kirim dan ongkos pengganti CD menjadi tanggung jawab anda. silahkan hub ke.

(081802747372 atau 085729422993)

Tolong di kasih commnet buat saran n kritik blog ini terima kasih.

Instal Windows XP di COMPAQ CQ 40 104 TU AMD

Solusi sound tidak berbunyi pada Compaq CQ 40 TU 116 tahap 1

Solusi sound tidak berbunyi pada Compaq CQ 40 TU 116 tahap 2

Instal Windows XP di COMPAQ CQ 40 116 TU INTEL

Mencari Driver Compaq Presario CQ 40 TU 116 yang paling mudah

50 comments:

Anonim mengatakan...

pelit banget cok...
kok pake di password segala...

kenapa gk di upload lagi di tempat yg lebih enak..
x(

Awal Sholeh mengatakan...

maap yg mana yg dipasword? saya juga link punya mas andy itu. mang anda butuh driver yg mana? n alamat email anda apa?

Anonim mengatakan...

mass...

boleh di upload ulang nggak yang ada disini :)

Hotfix kb888111.exe
http://files.samadpower.com/drivers

HDMI Driver
http://files.samadpower.com/drivers

Audio patch
http://files.samadpower.com/drivers

email saya pahlawan_bertopeng707@yahoo.com

Awal Sholeh mengatakan...

tar saya cb usahakan kirim file lewat email aja mas... mas domisili dimana yah?

Anonim mengatakan...

mas...
trims info nya..
kalo untuk cq40-324TU sama gak mas??
saya juga di jogja
email saya enwe13@yahoo.com
trims

Awal Sholeh mengatakan...

kalo seri CQ 40 sama sepertinya tp saya cb2 krakternya beda2... ada kurang n lebihnya downgrade..

hanief mengatakan...

mas...tadi q yang nyoba telp...

minta tlong buat driver HDMInya dengan audioPath nya y mas...

di e-mail surat_hanief@yahoo.com

sama file yang "IntcHdmi.inf"...itu dimana?Q ga' bisa nemuin itu file...

Awal Sholeh mengatakan...

hanief: ok mas.

apabila mas masih kesulitan untuk buat master windows XP di split stream dan kesulitan download driver CompaQ CQ 40. mas bisa pesen CD Windows XP dan Driver COMPAQ CQ 40.

Anonim mengatakan...

thx mas awal atas bantuan infonya sy lagi install CQ 40 324 TU neh, webcam nya belum bisa neh, sarannya ya


salam
dhani

Awal Sholeh mengatakan...

@ dhani: coba mas download aja driver diatas. insyaalah bisa. dan cb mas lakukan urutan penginstalan driver

Alnect Komputer mengatakan...

Oh begitu toh caranya!

Anonim mengatakan...

pusing mas... udah dicoba berkali2 tapi downloadnya berhenti terus di tengah-tengah.
Bisa kirim drivernya ke zeppeltym@yahoo.com nda??
Thx B4

Anonim mengatakan...

driver ketiga yang terakhir buat audio kq ndak bisa di download mas?
tlng saya bisa minta dikirim ke email saya aza mas
ne emailnaya:

a3_kdr@yahoo.co.id

rahmatwid mengatakan...

sangat mencerahkan mas, apa ini juga berlaku untuk CQ40-337?

christon mengatakan...

thanks pak usah berhasil

Ferdinand mengatakan...

wah
trima kasih.
apa kah itu juga bisa untuk CQ40 - 416TU

soalnya saya liat dari tadi tidak ada yang 416tu
hanya 116
apakah itu sama

boleh tau harga pemesanan CD Windows XP Siap install dan Driver-driver CompaQ CQ 40 berapa?
bisa kirim ke email hiramakimen@yahoo.com

saya berdomisili di jakarta Barat.

Anonim mengatakan...

Pak ! bisa dicoba di CQ20-326TU ngak ! klau ngak bisa, bagaimana caranya install XP untuk CQ20-326TU ? Makasih

Anonim mengatakan...

Maaf pak bisa bantu saya nggak ya ?
masalahnya saya udah cari2 driver cq20 326TU tapi ndak ketemu, bisa nggak saya dikirimin via apa gitu dan berapa harganya, trim's
bisa hubungi saya izzami@rocketmail.com

Amryzal Sembiring mengatakan...

mas bisa bantu saya mas, saya mencari Driver Notebook DV3-2114TX for Windows XP SP2, saya bingung mas mencari kesemuat website tidak ada,tolong dibantu mass, email dan ID YM : rizal_semb@yahoo.co.id

Amryzal Sembiring....

Balas ya masss, thanks sebelumnya ya mas...

Awal Sholeh mengatakan...

maap mas, untuk driver2 seri tertentu saya tidak punya. coba mas cari dirental2 note book biasanya ada. saya cuma punya driver compaq cq 40.

Anonim mengatakan...

Mas..om....saya udah mengikuti cara di atas, tapi kok kadangan kompi saya suka nge"hang" sendiri ya?

Mario mengatakan...

mas bisa ga saya minta cd driver audio presario CQ20-326TU
email: qwerty1210x8@yahoo.com
thanks sblumnya mas.

Anonim mengatakan...

bagus sekali pelayanan di blog ini...good job...baca dengan baik dari depan dong mas...biar nanyanya gak berulang2 dan masalah yang sepele....

Nur Iksan mengatakan...

askum, mas. saya minta tolong nih. da trouble pada audio di notebook compaq presario cq20. troublenya audio tidak da suaranya. tapi ketika memakai handset bisa keluar audionya. mohon sarannya. email saya xzan_telsa@yahoo.com. thanks before

Anonim mengatakan...

SAYA mau coba juga ahhh
:d

Raka Rahman mengatakan...

Bos, saya udah coba di CQ40-337TU. problem nya, driver terinstal (sudah coba berbagai versi), audiopatch nya otomatis jalan ketika logon, cuma tetep ga keluar bunyi. Cara yg bisa cuma, kalo mau bunyi, setiap baru masuk windows, driver IDT di update. Bunyi lagi. Kalo laptop di restart, ya ga bunyi lagi. Begitulah. ADa ide antisipasinya ?

Anonim mengatakan...

mas tolong, saya butuh yang

http://files.samadpower.com/drivers

http://files.samadpower.com/drivers


ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp39501-40000/SP39671.exe

http://files.samadpower.com/drivers

http://www.ziddu.com/downloadlink/5774588/audiopatch.rar

bisa gak kalo di kirim ke bianalmaraghy@yahoo.co.id

hehe....
makasih buanyak....

Anonim mengatakan...

Bos, saya udah coba di CQ40-337TU. problem nya, driver terinstal (sudah coba berbagai versi), audiopatch nya otomatis jalan ketika logon, cuma tetep ga keluar bunyi. Cara yg bisa cuma, kalo mau bunyi, setiap baru masuk windows, driver IDT di update. Bunyi lagi. Kalo laptop di restart, ya ga bunyi lagi. Begitulah. ADa ide antisipasinya ? - masalah sama dgn laptop saya, tolong kirim driver hdmi via email di mangkudilaga@gmail.com . thx b4 posisi saya di sidoarjo

GoMe Computer mengatakan...

install windows Xp di hp compaq gampang tapi driver yang sering masalah ada aja yg ga cocok biasanya Wifi,sound dan camera, 3 hal ini aja yg sering bermasalah, pengalaman saya kita mesti coba2 terus kadang2 agak dipaksakan masuk drivernya yg paling susah biasanya soundnya ada tipe tertentu yg harus menggunakan Devcon Mengembalikan Jati Diri Bangsa dengan mengakali Driver soundnya, saya sarankan coba terus sampai berhasil jangan sampai update Bios sangat beresiko.

Anonim mengatakan...

mas mohon pencerahan lagi dong....aku instal lapie hp cq40-106tu pake xp, pas instalnya aku pake flopy ext...pas di ahcix86.sys error di line.......
mungkin mas bisa ngasih pencerahan
thank's

Anonim mengatakan...

maaf salah
mas mohon pencerahan lagi dong....aku instal lapie hp cq40-416au pake xp, pas instalnya aku pake flopy ext...pas di ahcix86.sys error di line.......
mungkin mas bisa ngasih pencerahan
thank's

Anonim mengatakan...

saya sudah coba pada saat di preset saya harus import file yang mana???

rivhan mengatakan...

kk kalo compaq CQ 20 sama ga urutan instal drivernya ?

Anonim mengatakan...

Mas, saya sudah mengikuti prosedur instal sound di Compaq Presario CQ40 388TU tapi kok belum berhasil ya...?. Langkah apa yang harus saya lakukan?. Terimakasih.
Salam,
guswahyu63@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

Mas,kalo driver sata untuk cq20-326tu ada gak??Minta link untuk downloadnya ya.
Send via email : justiceholic@gmail.com
Thanks

Anonim mengatakan...

mas kalo notebook cq40-416 setelah coba install trus mati gak mau nyala mesti diapainyach, please help aseps47@gmail.com

thx b4

Anonim mengatakan...

Bang, tolong krim email tentang cara install xp di cq40-416au n driver ap j yg d btuhin ke nkazziov@yahoo.com dong...
please,,,

thx b4

Setiadi's mengatakan...

Bisa minta semua driver yang ada di http://files.samadpower.com/drivers ? soalnya kena password tuh ...

Khabari ke ivansetiadi@gmail.com

Thanks

Anonim mengatakan...

mas bisa bantu saya ?
laptop saya COMPAQ CQ 40 104 TU AMD

ada garis di bagian bawah layarnya, itu sangat mengganggu & hilang mood untuk kembali bekerja. trus saya tanya ke servicecenter, katanya musti di ganti LCDnya. harganya dahsyat Rp. 2500.000,- itu nggak sanggup saya, . . ini aja hasil keringet hampir 2 thn saya kredit laptopnya.
ada solusi gk utuk masalah di lcd saya ini mas?

Makasih banget klo ada solusi selain ganti LCD.


kabayan_thea2003@yahoo.com

Anonim mengatakan...

mas sata ahci buat cq40-416au sm g ma yg type cq40 laennya? klo iya tlong kch tw infonya di emailq yaw,,,,,


marzevta@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

mas buat compaq CQ40 416 AU sama gak?
kasih info di emailku ya..
shatt_kakanisti@yahoo.com
thx

koiki mengatakan...

hebat.. tx banget ya ..setelah beberapa hari saya bingung mau back to xp dari win 7, akhir nya setelah baca blog ni alhamdulillah back to xp sukses. tx banget ya..

mobil keluarga ideal terbaik indonesia mengatakan...

ikutan nyoba agh,, kbetulan sama :)
makasih gan infonya

andy mengatakan...

mas,, saya punya compaq cq40, leptopnya mati total,, dan saya coba masukan cd instal windowa xp, tapi setelah berjalan sampai di starting windows, langsung eror. itu gimana mas,,, tolong yach. saya udah coba berkali-kali tapi hasilnya sama aja,... tolong yach penjelasannya,...
windows yang di pakai sebelum mati total itu windows7

zapezuka mengatakan...

MAS KLO DRIVER COMPAQ PRESARIO CQ40-532TU BWT WINDOWS XP ADA G?

KLO ADA BISA G KIRIM KE MAGELANG?

ATAU TOLONG HUB SAYA DI 081915447373.....

URGENT NIH :(

dik mengatakan...

gan tolong diupload lagi donk yang
1. Driver Chipset
2. Driver VGA
3. LAN
4. Hotfix kb888111.exe
5. HDMI Driver
6. Audio patch
karena alamat http://files.samadpower.com/drivers
gak bisa diakses.

kalo bisa diupload di indowebster.com kalo nggak ya mediafire.com supaya ente gak usah repot2 kirimin lewat email dan ntar orang yang butuh tinggal download di link tersebut.
TERIMAKASIH

Anonim mengatakan...

oom driver modemnya gak bisa??
mohon pencerahanya??
thx

jasa ekspedisi mengatakan...

mampir nich dari jaksel...

Bejubel Market Place Terbaik Indonesia mengatakan...

nice info Gan, jdi tmbah ilmu lagi. smoga sukses slalu :)

obat asam urat mengatakan...

thanks infonya

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Recent Comentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com