Sabtu, 01 Agustus 2009

Benang Laba-laba Berkekuatan Amat Istimewa

. Sabtu, 01 Agustus 2009

Lumayan udah agak enakan badan siap untuk coment dan BW. selamat datang agustus... waktu cari tugas pp2 ttg kevlar dan bimbingan TA kemarin dapet ilmu ttg benang laba2 yang sangat kuat dan istimewa..... langsung aja ke TKP.


Kalangan industri hiburan AS boleh merasa puas atas kesuksesan film Spider Man yang sempat menjadi salah satu film teratas yang laris hingga membukukan pemasukan sebesar AS $ 115 juta selama minggu-minggu pertama awal pertunjukkan perdana di AS pertengahan Juni y.l. disusul kemudian dengan sukses besar dalam pemutarannya di bioskop-bioskop di seluruh dunia.


Kisah pemuda yang tersengat laba-laba super hasil rekayasa genetika milik Universitas Stanford hingga membuatnya menjadi amat lincah dan bisa melontarkan serat mirip jaring laba-laba dari telapak tangannya. Dengan keistimewaan seperti itu disertai kehebatan dalam memanjat dinding menyerupai kemampuan seekor laba-laba, maka pemuda itu lantas bertindak sebagai jagoan Spider Man atau "Spidey" pembasmi kejahatan.

Dalam dunia nyata kekuatan serat benang laba-laba hingga menjadi senjata alamiah yang diandalkan seekor laba-laba guna menjerat mangsanya ternyata memang menjadi fenomena yang menarik bagi kalangan yang serius yakni para peneliti. Seperti yang diungkapkan dalam proceeding the National Academy of Sciences AS yang dipublikasikan Juni, pihak Angkatan Darat AS yang bekerja sama dengan peneliti dari Universitas California Santa Barbara ternyata tengah meneliti kekuatan serat benang laba-laba ( spider dragline silk ) karena tertarik untuk menggunakan material jerat laba-laba sebagai bahan untuk rompi tahan peluru, baju tempur dan tali temali perlengkapan tempur, dan berbagai kemungkinan lainnya.



Dan memang sekitar satu dekade terakhir ini berbarengan dengan meningkatnya ketertarikan banyak ilmuwan ahli material sciences untuk mendalami riset bidang biomaterial dan biometrik, maka terdapat pertumbuhan yang mencolok dalam studi ilmiah mengenai serat laba-laba berhubung kekaguman ilmuwan atas sifat-sifat mekaniknya yang istimewa.



Para peneliti memfokuskan penelitiannya terhadap zat protein yang terkandung dalam serat yang dikeluarkan laba-laba untuk menjerat mangsa yang terperangkap di sarang laba-laba. Molekul protein dalam benang serat laba-laba ternyata sangat kuat dan elastis terhadap tarikan.

Benang jerat tahan ditarik hingga sepanjang 30 sampai 50 kali persen dibanding terhadap panjangnya sebelum menjadi putus. Berdasar proporsi perbandingan itu memperlihatkan bahwa benang serat laba-laba lebih kuat dibanding serat baja. Kekuatannya boleh dikata sebanding dengan Kevlar. Kevlar adalah material fiber komposit mutakhir yang proses pembuatannya amat canggih serta amat mahal sehingga menjadikannya bahkan melebihi ketahanan tarik serat baja .



Helen Hansma, peneliti utama riset dan ajun profesor bidang fisika UC Santa Barbara, mengungkapkan bahwa ternyata benang serat yang dikeluarkan laba-laba merupakan suatu material campuran (composite material ). Ujudnya berupa material gabungan semacam bahan kristal dan sebagian lainnya yang bersifat elastis.

Setiap molekul tunggal memiliki kedua bahan gabungan tersebut. Temuan bahwa benang serat laba-laba merupakan bahan komposit ternyata merupakan hal yang baru dibanding dengan protein lainnya yang berkekuatan daya-tahan terhadap gaya tarik yang sebelumnya telah lebih dahulu banyak diteliti .

Penelitian oleh Universitas California, Santa Barbara memfokuskan diri dalam riset dasar untuk mempelajari bagaimana proses protein mengatur konfigurasi struktur hingga menjadi ujud benang serat laba-laba.



Dengan menggunakan mikroskop atom dan perangkat pengangkat molekul para peneliti berhasil mendapatkan petunjuk yang berharga dari pencitraan gambar ( imaging ) dan pengangkatan molekul protein yang terjadi. Pengamatan ini membantu peneliti guna membuat model mengenai proses seperti apa yang sebenarnya terjadi tatkala materi protein tersebut tengah mengurai bentuk hingga menjadi seutas serat yang kuat sekaligus amat lentur.



Para peneliti mendapatkan gambaran bahwa proses penguraian molekul protein dari lipatan-lipatannya berjalan secara modular. Dalam kejadiannya terdapat ikatan mekanik (bonds) yang terlepas jika sedang menerima beban, untuk kemudian kembali keujud semula sewaktu beban menghilang. Prosesnya mengikuti suatu pola tertentu seperti pola yang banyak terdapat pula pada protein lainnya yang memiliki sifat berkekuatan daya-tahan terhadap gaya tarik.

( 27/06/02 SI-IPTEKnet merangkum journal National Academy of Sciences ).

28 comments:

ROSMANA APOLLA PUTERA mengatakan...

bener banget mas! bahkan katanya jaring laba-laba lebih kuat dari serat besi

AeArc' mengatakan...

wah gak nyangka sekuat itu toh jaring laba2

ritz mengatakan...

sobat ini hanyalah salah satu kebesaran sang pencipta,dan apabila kita bisa mengaplikasikannya dan bermanfaat buat kita,smg kita makin dekat dengan sang pencipta YME,tnx bwt share nya n gd lck

Kuliah Gratis mengatakan...

Di Dunia ini belum ada yang dapat menandingi kekuatan Jaring Laba2

Allah telah menciptakan jaring itu penuh dengan Ibroh dan bahkan manusia berlomba untuk meniru design dari jaring tersebut!

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Ilmuwan menggunakan benang laba-laba sebagai model ketika membuat bahan yang dinamakan Kevlar, yakni bahan pembuatan jaket anti peluru. Peluru berkecepatan seratus lima puluh meter per detik dapat merobek sebagian besar benda yang dikenainya, kecuali barang yang terbuat dari Kevlar. Tetapi, benang laba-laba sepuluh kali lebih kuat daripada kevlar. Benang ini juga lebih tipis dari rambut manusia, lebih ringan dari kapas, tapi lebih kuat dari baja, dan ia diakui sebagai bahan terkuat di dunia.

Baja termasuk material paling kuat yang tersedia bagi manusia yang diproduksi dengan sarana industri berat, menggunakan besi, dan dalam tungku bertemperatur ribuan derajat. Ia didesain khusus agar berdaya tahan tinggi, dan digunakan pada konstruksi lebar, bangunan tinggi, dan jembatan. Laba-laba menghasilkan material yang lima kali lebih kuat dari baja, padahal ia tak memiliki tungku pembakaran dan teknologi apapun. Ia adalah makhluk mungil yang tak mampu berpikir. Sungguh suatu keajaiban bahwa makhluk kecil ini mampu menghasilkan benang yang lebih kokoh dari baja, dan menggunakannya untuk membuat bangunan dengan cara yang sama seperti para arsitek dan insinyur.

Subhanallah...

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Udah sehat sobat??
Alhamdulillah.

ducky mengatakan...

subhanallah... ternyata emang ciptaan Allah tiada duanya...

thanks ilmunya wal!

Awal Sholeh mengatakan...

@ rosmania: iya benang laba2 lebih kuat 2 x dari kevlar dan kevlar bisa lebihh kuat 5x dari besi dan baja.

Awal Sholeh mengatakan...

@ mas setiawan: ya mas alhamdulillah udah sedikit baikan.

ateh75 mengatakan...

Syukurlah bila udah sehat..selamat beraktifitas kembali ya..

Fanda mengatakan...

Memang hebat ya Tuhan itu, menciptakan setiap makhluk sampai yg kecil pun dengan keunikan dan keunggulan masing2.
Thanks mas atas infonya, menambah wawasan nih. Btw, foto laba2nya yg background hijau itu bagus banget!

Ivan Kavalera mengatakan...

Thanks sobat dg artikel ini saya jadi nambah lagi satu pengetahuan nih.

ReMo-XP mengatakan...

Masih banyak di luar sana yang menggambarkan kebesaranNya,, :D

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

mampir pagi nengokin si Spider.

ducky mengatakan...

ow awal baru sembuh juga... wew baru ngerasa nikmat sehat pas sakit ya wal... untungnya ga parah yah... ;))

ducky mengatakan...

akhirnyaaa awal TA... hahahaha.... sukses bro!

Kuliah Gratis mengatakan...

Mampir lagi mas Awal Sholeh

agoez3 mengatakan...

Spiderman oh spiderman.
Memang dari hal2 yg sederhana sebenarnya alam ini menyimpan rahasia yg Subhanallah luar biasa.

Thanks infonya mas awal, sibuk TA ya? moga sukses seLalu.
Af1 baru sempat mampir:)

NURA mengatakan...

salam sobat,,nambah ilmu lg disini,,dulu saya cuma tahu kekuatan benang laba-laba dari sejarah Nabi MUHAMMAD SAW yg beristirahat di gua hiro dan film spiderman.

Free Tips mengatakan...

ehm, luar biasa. mahluk sekecil itu bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa kuat.

Achot mengatakan...

Lailahailla Anta subhanaka ini kuntu mina dzoolimin...

anywhere_Smile mengatakan...

Simpler and easier just links london various facets of being married the ought links london jewellery to be obtained and tradition recently indicated links of london sale actually divided regarding the bride's family, links of london silver the groom's family, as well as the groom himself. discount links of london Over are the days where the bride's parents insures links of london ring uk every single thing make a list of to links of london friendship bracelets sale perfect detail. For a short period, tradition had shifted this obligation to qualify for the links sweetie bracelet three parties soon discussed the following., a response, links of london earrings as well as ever-popular brunch. Experience entered production although there required to links of london necklaces sale twelve inches into your market by the grooms telephone and therefore bridal individual.

obat diabetes mellitus mengatakan...

film nie memang keren bngt y mas,,,
jadi sudah tidak heran lagi film nie di minati bnyak penonton dan menghasilkan bnyak pemasukan

philosophys mengatakan...

bukti kehebatan sang pencipta :D

music improvisation mengatakan...

iya bner sekali..

read well mengatakan...

kelebihan utama hewan ini!

odoy mengatakan...



wah gak nyangka sekuat itu toh jaring laba2

agus herbal mengatakan...

nice post.,.,

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Recent Comentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com