Kamis, 25 Juni 2009

Proses scanning in CNC MDX 20 and Transfer data from Dr PICZA to PowerSHAPE 5730

. Kamis, 25 Juni 2009

Proses scanning mouse in machine CNC MDX 20 and Transfer data from Dr PICZA to PowerSHAPE 5730 (Reverse Engineering)

Pada tahap awal dilakukan proses scaning pada mesin mdx 20 kemudian dilakukan Proses transfer data dari picza ke power shape.


Hasil dari scanning dari mesin cnc mdx 20 dan ada di tampilan dr pizca.
Akan dilakukan transfer data ke software PowerSHAPE untuk dilakukkan proses editing wireframe.

Transfer data: export to iges.



hasil dari dr picza format iges untuk dilakukkan editing wireframe:
ada dua cara:
- ada di menu edit > converte > to wireframe atau klik kanan mouse edit wireframe
- view > dynamic sectioning



(Converted to wireframe) nah satu2 garis di converted to wireframe. Garis yang sebelumnya belum berupa garis dan masih menjadi 1 kesatuan utuh di file iges dan blm di edit. Maka dilakukkan proses converted to wireframe.



Hasil dari editing wireframe/ converted to wireframe


Cara uang kedua menggunakkan dynamic sectioning: yaitu memotong bagian sisi dari sumbu mana pun (x,y,z) untuk didapat garis wireframe untuk mudah dilakukan editing wireframe.


Hasil wireframe yang didapat dari (dynamic sectioning) perpotongan sumbu z gambar mouse tadi dari proses scanning.
Transfer data: export to STL from dr picza.
hasil yang didapat tidak dapat dilakukan proses editing wireframe dikarenakkan stl berformat solid atau udah menjadi satu kesatuan yang utuh. Atau bisa disebut STL berupa prismatik yaitu 4 bidang bagai kristal yang tidak dapat dirubah dan menjadi kesatuan yang utuh. Ini yang sebagian yang saya Dapat dan tau.



Error editing to wireframe


(Error editing to wireframe) menggunakkan (dynamic sectioning)

8 comments:

Wildan Arief mengatakan...

haduh kayaknya susah banget tuh.. gak nyampe nih.. hehe

As Sohib mengatakan...

kebetulan masih kuliah dan belon lulus2 juga :D
untuk parameter CAM 5 axis mungkin berada di lembar kerja surface machining. sedangkan untuk menambahkan parameter saya belom tau. mungkin kita bisa gali sama2. saya juga masih amatiran kok mas :)

As Sohib mengatakan...

IST Akprind Yogyakarta.
ah nggak juga, cuman iseng doang kok pak.
pak soleh punya lebih baik lagi dari saya.
untuk 5 axis coba baca disini.

As Sohib mengatakan...

kalo delcam saya kurang familier
saya juga baru tau baru2 ini
fungsi softwarenya untuk apa ya?
delcam saya punya, tapi nama belakangnya saya lupa. ntar saya cek, kalo dah ketemu ntar tak kabarin lagi

As Sohib mengatakan...

o gitu ya
kalo saya memang ada ntar tak kabarin.
ditunggu aja ya

common sense mengatakan...

di bukmark.. lumyan buat nambah2 ilmu..

music improvisation mengatakan...

jdul ny gak ditulis yak?? koq url ny kyk gtu??

read well mengatakan...

hmm. seperti itu proses scanning ny..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Recent Comentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com