Rabu, 08 Juli 2009

Sepatu Orthopedi

. Rabu, 08 Juli 2009

Orthotic Insole : Sol Dalam Sepatu Orthotic

Sebelumnya ini kelanjutan dari postingan tentang kelainan bentuk kaki flat, sol sepatu ini digunakkan untuk membuat nyaman pengguna kelainan bentuk kaki yang sebelumnya udah di ulas khususnya ttg kaki Flat, di mendeteksi kelainan cacat kaki.

Ini merupakan salah satu Tugas Akhir saya dikampus untuk mendapatkan Gelar Sarjana. semoga ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Sol sepatu orthotic adalah perangkat yang dirancang untuk memulihkan fungsi kaki yang mengalami kelainan bentuk pada kaki. Sedangkan definisi orthosis adalah segala alat yang ditambahkan ke tubuh untuk menstabilkan bagian tubuh, mencegah kecacatan, melindungi dari luka, atau membantu fungsi dari anggota tubuh.

Selain fungsi sepatu berguna untuk melindungi bagian kaki dan dijadikan sebagai pelengkap gaya hidup (lifestyle) fungsi sepatu orthotic dapat membantu yang mengalami kelainan pada bentuk kaki pada bidang kedokteran sepatu orthotic sangat bermanfaat dan memberikan kenyamanan bagi yang memakai. Pada saat latihan olahraga sekalipun dapat mengurangi rasa sakit yang dialamin bagi yang menderita sakit selama melakukan olahraga.

Manfaat sol sepatu orthotic mengatasi keluhan ketidaknyamanan yang terjadi saat berjalan contoh-contoh keluhan yang terjadi seperti sakit tumit dan sakit lutut.

Beberapa fungsi dari orthotis:
• Memperbaiki atau mengkoreksi alignment anggota tubuh
• Membantu atau mengontrol pergerakan sendi
• Menyediakan posisi yang lebih baik
• Penyangga, maka dari itu mengurangi beban
• Pelindung dari gangguan fisik




Gambar 1: Penempatan Sol dalam orthotic pada sepatu
untuk yang mengalami kelainan bentuk kaki

Gambar 2: penggunaan Sol Dalam Sepatu Orthotic pada Kaki Flat



Gambar 3: Penggunaan orthotic pada kaki dapat merubah posisi kaki yang mengalami kelainan bentuk

Sepatu orthotic juga harus memenuhi syarat kenyamanan seperti sepatu yang dijual dipasaran pada umumnya, selain dapat membantu proses penyembuhan dan kenyamanan bagi yang mengalami kelainan bentuk kaki.

Sepatu yang baik pada umumnya harus memenuhi ciri-ciri sebagai berikut:
• Lentur atau tidak kaku. Sepatu yang kaku dapat menyebabkan cedera pada telapak kaki
• Cukup ringan, agar tidak banyak energi yang dikeluarkan pemakai.
• Solnya cukup tebal dan lembut, agar dapat berfungsi sebagai peredam getar/benturan (shock absorber)
• Dapat mengontrol gerak/stabilitas kaki sejak kaki mulai menyentuh tanah pada tumit sampai saat kaki akan terangkat dari lintasan pada ujung-ujung jarikaki
• Jenis sepatu yang baik biasanya menggunakan tiga jenis lapisan sol. Sol terluar (outer sole), paling bagus terbuat dari bahan karet campuran. Karena dapat mengurangi risiko terpeleset bila sedang melakukan aktivitas. Dua lapisan sol yang lain adalah dan sol tengah (midsole)sol terdalam (in sole). Sol tengah biasanya terbuat dari plastic atau lapisan nilon yang biasanya berjenis sangat tipis. Sementara kaku tidaknya lapisan tersebut tergantung dari dan untuk apa sepatu ini dibuat. Gambar di bawah ini merupakan contoh bagian-bagian sepatu dan jenis lapisan sol


Gambar 4: Bagian-bagian lapisan sol sepatu


Pola Kaki

Seperti kita ketahui ada berbagai jenis ukuran dan bentuk kaki manusia. Pola tapak yang berbeda membuat kita harus lebih teliti dalam membuat model sepatu orthotic.


Gambar 5: Bentuk Pola tapak kaki manusia

45 comments:

Bayu The Maniac mengatakan...

pertamax sob ...
manteb infonya sob ..
thanks yah ...

pasang iklan tanpa daftar mengatakan...

bentuk kakiku yang mana ya ?? makasi atas infonya :)

zujoe mengatakan...

hihi... kayak ripiuan nih... bukan ya???

semangat blogging bro... artikel di sini semuanya penuh ilmu... hiks... nggak kayak blogku yang aneh itu huhuhu...

RanggaGoBloG mengatakan...

semangat semangat.... semoga penelitiannya cepat kelar... hihihihihihih....

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Tugas akhirnya mantap sobat,..

script top koment sudah saya kirim melalui e-mail.

zaskia ayunda puspita mengatakan...

nice info nih....

suzhu BITES mengatakan...

smangat dh semoga skripsinya cepat rampung!! aq juga sering punya masalah ma kaki klo kelamaan jalan jadi pegel khususnya yg sebla kiri kayak ga seimbang gitu...kayaknya perlu sepetu ortothic.

kucrit mengatakan...

wah.. ternyata make sepatu itu menyehatkan ya..

reni mengatakan...

Ini to bagian dari Tugas Akhirnya ?

Risefa mengatakan...

Link sudah terpasang sebagai awal soleh.. please check this out. thanks

KucingTengil mengatakan...

keren... jgn lupa hak patennya. ntar dijiplak lagi idenya. Oh ya, mangnya dikau jurusan apa? ampe bikin spatu...

btw, ada sepatu buat melancarkan pembuluh darah ga????

KucingTengil mengatakan...

eh... melancarkan aliran darah maksudnya :P

genial mengatakan...

saiia baru faham, ternyata postingan2nya mas awal ini benar2 mantaf... :thumbsup:... di buat seakurat mungkin dengan faktanya, di pilah-pilah kalimat perkalimatnya supaya jd sebuah informasi... ck ck ck... jd nambah banyak elmu nii sejak postingan dollar-dollar amerika belakangan :)

Qumfullboy mengatakan...

wehhh sob sorry kmren blum sempet mampir...hhehehee

tengkyu sob infonya...moga ajah bisa dicegah.......

vie_three mengatakan...

owalaaahhhhh jadi kayak gitu toh.... :D

tugas terakhir, kereeeennnn tuch jadi ngebayangin tugasku besok kalau udah masuk kuliah apaan yach.... hehehehehe ;;)

umi rina mengatakan...

Makasih banyak ya infonya...:)
Mulai sekarang cari sepatu yang bikin nyaman kaki, dan nyaman di kantong juga tentunya...:D

genial mengatakan...

jelajah blognya akangnya mantep nii :thumbsup:

jajaajay mengatakan...

semoga sukses

♥ Neng Aia ♥ mengatakan...

pinter banget sih...



heiheiehi

Awal Sholeh mengatakan...

@ mas zoe: sama2 mas semoga info ini bermanfaat. amien.

@Rangga: makasih ya sob. amien

@ mas setiawan. ya mas udah saya terima emailnya

Awal Sholeh mengatakan...

@ suzhu: bisa jadi tuh kaki bagian sebelahmu gak aligment atau sejajar. coba liat alas sepatu ataw sandalmu ada perbedaan kanan dan kiri gak? trus bagian sampingnya habis gas alas sandalnya. biasa terlihat kok.

Awal Sholeh mengatakan...

@ bunda reni: ya bun ini bagian dari TA saya

@ risefa: ok sob. punya anda udah saya pasang dit4 saya.

Awal Sholeh mengatakan...

@ kucing tengil: gak pp semoga ini bisa bermanfaat aja og, dibagian kedokteran orthopedi ada pembahasan ini dan saya khusus manufaktur untuk membuat orthoticnya. aku jurusan teknik mesin. wah misal sepatu buat lancarkan pembuluh darah saya blm taw pasti tp kemungkinan ada.

Awal Sholeh mengatakan...

@ genial: wah sobat ini bikin saya geer aja neh. wkakakakaka. makasih sob.

@vie 3: banyak pengalaman saat kuliah tri senang n dukanya. jadi curhat malah tar.

@ umi rina: bener sekali umi, faktor harga atau cost sangat diperlukan dan perhitungan suatu pembuatan produk

Awal Sholeh mengatakan...

@ jajay: makasih yah

@ neng aia: makasih neng, ;)

franky mengatakan...

ini sangat bermanfaat sobat, dan semoga sukses menjadi sarjana

Awal Sholeh mengatakan...

@ franky: makasih ya sobat.

Tukang Komen mengatakan...

Iya nih.. kalo pake sepatu yang dasar dalamnya rata, aku jadi cepat capek kalo jalan, beda dengan sepatu yang dalamnya cembung... lebih nyaman gitu...

Anonim mengatakan...

Ada yg direcomended gak ya . . beli insole dimana yg harganya kompetitive ?

Thx infonya bro . . . :)

anywhere_Smile mengatakan...

Simpler and easier just links london various facets of being married the ought links london jewellery to be obtained and tradition recently indicated links of london sale actually divided regarding the bride's family, links of london silver the groom's family, as well as the groom himself. discount links of london Over are the days where the bride's parents insures links of london ring uk every single thing make a list of to links of london friendship bracelets sale perfect detail. For a short period, tradition had shifted this obligation to qualify for the links sweetie bracelet three parties soon discussed the following., a response, links of london earrings as well as ever-popular brunch. Experience entered production although there required to links of london necklaces sale twelve inches into your market by the grooms telephone and therefore bridal individual.

Anonim mengatakan...

kak, skripsinya tentang sepatu ya..
saya juga skripsi tentang sepatu, cuma sepatu hak tinggi..
jadi pengen lihat2 skripsi kakak untuk digunakan sebagai referensi.. bukan digunakan untuk plagiat...
kalau ka2k bersedia memberikan skripsinya..
krm ke email saya venus_sars@hotmail.com

Terimakasih banyak,,,

pet raccoon mengatakan...

sukses yah buat penelitiannya!!

music improvisation mengatakan...

sepatu saya dulu..

read well mengatakan...

kaki saya punya bntuk yg normal..

Anonim mengatakan...

anak sy 4 thn jgflat foot, jd sy minat beli alas sepatu flat footnya. gmn caranya?

Anonim mengatakan...

alamat pesan kemana ya gan? trims

Anonim mengatakan...

Bisa dibuat di PT.Pratama Rehabilitation Care 021 53160956 atau www.rehabilitation.care.com

Tanto mengatakan...

Sy Tanto di sby. Sy mau membeli sol orthotic. Apa ada tau alamat penjual sol / sepatu orthotic??? Bs hub : di arek1lanang@gmail.com. terima kasih

Tanto mengatakan...

Sy Tanto di sby. Sy mau membeli sol orthotic. Apa ada tau alamat penjual sol / sepatu orthotic??? Bs hub : di arek1lanang@gmail.com. terima kasih

Obat Leukemia mengatakan...

oh gitu ya gan ? sangat menambah pengetahuan .

odoy mengatakan...

semangat semangat.... semoga penelitiannya cepat kelar.

nenden mengatakan...

ini sangat bermanfaat sobat, dan semoga sukses menjadi sarjana

hanifiah mengatakan...

nice post.,,

agus herbal mengatakan...

ikut nyimak artikelnya mas, makasih

arial mengatakan...

semoga sukses

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Recent Comentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com