Sabtu, 18 Juli 2009

Pemanasan Global

. Sabtu, 18 Juli 2009

Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia"[1] melalui efek rumah kaca.

Anomali temperatur permukaan rata-rata selama periode 1995 sampai 2004 dengan dibandingkan pada temperatur rata-rata dari 1940 sampai 1980

Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.

Model iklim yang dijadikan acuan oleh projek IPCC menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 °C (2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100.[1] Perbedaan angka perkiraan itu disebabkan oleh penggunaan skenario-skenario berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca di masa mendatang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda.

Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil.[1] Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan.

Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim,[2] serta perubahan jumlah dan pola presipitasi.

Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.

Beberapa hal-hal yang masih diragukan para ilmuwan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan, dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain.

Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa, jika ada, tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekuensi-konsekuensi yang ada.

Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.

1 Penyebab pemanasan global

1.1 Efek rumah kaca
1.2 Efek umpan balik
1.3 Variasi Matahari
1.4 Peternakan (konsumsi daging)

2 Mengukur pemanasan global

3 Model iklim

4 Dampak pemanasan global

4.1 Iklim Mulai Tidak Stabil
4.2 Peningkatan Permukaan Laut
4.3 Suhu Global Cenderung Meningkat
4.4 Gangguan Ekologis
4.5 Dampak Sosial Dan Politik

5 Perdebatan tentang pemanasan global

6 Pengendalian pemanasan global

6.1 Menghilangkan karbon
6.2 Persetujuan internasional




Temperatur rata-rata global 1850 sampai 2006 relatif terhadap 1961–1990

15 comments:

HAEDIR mengatakan...

pertamanya !!!
mantap ni artikel !!


salam knl broo !!

BSI2000-04 mengatakan...

BSI2000-04 siap galang penghijauan ...

agus mengatakan...

Mari bersama2 mengurangi emisi gas buang.
Bagaimana kalau antartika mencair yha? Hmmm
Manusia suka berbuat kerusakan nieh, perbaiki yuks dari hal yang paling kecil:)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

selamat siang. apa kabar?

Awal Sholeh mengatakan...

@ agus: sebagian udah mencair mas, udah liat filmnya persentasi algor ttg global warming?

@ sang cerpen: kabar baik kawan

Bayu The Maniac mengatakan...

inilah keadaan bumi kita skarang ...
ntah sampai kpan ini akan trus trjadi ...
huh ...

belly mengatakan...

jadi ada tanda-tandanya ya mas..!
bahaya tu..! diwajibkan penghijauan.. agar stabil!
thanks ya informasinya...!

reni mengatakan...

Rumah kaca sebagai penyebab utama ya ?

Awal Sholeh mengatakan...

@ ya bener bunda rumah kaca penyebabnya neh juga baru baca2 saya he3...

Ad4m San mengatakan...

kurangi penggunaan kendaraan bermotor hehehe~~~ ^_^

budiawanhutasoit mengatakan...

bumi semakin panas.kalau tidak ada usaha pencegahan atau mengurangi pemanasan global, maka bumi semakin gawat..es akan mencair. banyak kota/pulau yang akan tenggelam..

anywhere_Smile mengatakan...

Simpler and easier just links london various facets of being married the ought links london jewellery to be obtained and tradition recently indicated links of london sale actually divided regarding the bride's family, links of london silver the groom's family, as well as the groom himself. discount links of london Over are the days where the bride's parents insures links of london ring uk every single thing make a list of to links of london friendship bracelets sale perfect detail. For a short period, tradition had shifted this obligation to qualify for the links sweetie bracelet three parties soon discussed the following., a response, links of london earrings as well as ever-popular brunch. Experience entered production although there required to links of london necklaces sale twelve inches into your market by the grooms telephone and therefore bridal individual.

communication with animals mengatakan...

gara2 pemanasan global, cuaca di daerah kami jadi tak menentu..

music improvisation mengatakan...

gara2 ni juga bnyak hewan terdmpr..

read well mengatakan...

jangn sampe bumi pertiwi terkena dampak ini..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Recent Comentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com