Selasa, 07 Juli 2009

Surat Dari Tahun 2070

. Selasa, 07 Juli 2009

SURAT DARI TAHUN 2070

www ww w www w
Wwwwww w w ww w wwwwwwww wwwwwww w w w wwwww ww w w w www wWwwwww w w ww w wwwwwwww wwwwwww w w ww
www ww w www wWwwwww w w ww w wwwwwwww wwwwwww w w w wwwww ww w w w www w
Wwwwww w w ww w wwwwwwwwWwwwww w w ww w wwwwwwww wwwwwww w w w wwwww ww w w w www wWwwwww w w ww w wwwwwwww wwwwwww w w ww
www ww w www wWwwwww w w ww w wwwwwwww wwwwwww w w w wwwww ww w w w www w
Wwwwww w w ww w wwwwwwww

Dokumen ini dipublikasi di majalah "Crónica de los Tiempos" April 2002.
(Translation in free bahasa: Yuliana Suliyanti, Aug 2007)


Aku hidup di tahun 2070.
Aku berumur 50 tahun, tetapi kelihatan seperti sudah 85 tahun.
Aku mengalami banyak masalah kesehatan, terutama masalah ginjal karena aku minum sangat sedikit air putih.
Aku fikir aku tidak akan hidup lama lagi.
Sekarang, aku adalah orang yang paling tua di lingkunganku.

Sebelumnya, rambut yang indah adalah kebanggaan semua perempuan.
Sekarang, kami harus mencukur habis rambut untuk membersihkan kepala tanpa menggunakan air. Sebelumnya, ayahku mencuci mobilnya dengan menyemprotkan air langsung dari keran ledeng.
Sekarang, anak-anak tidak percaya bahwa dulunya air bisa digunakan untuk apa saja.

Aku masih ingat seringkali ada pesan yang mengatakan: ”JANGAN MEMBUANG BUANG AIR”
Tapi tak seorangpun memperhatikan pesan tersebut.
Orang beranggapan bahwa air tidak akan pernah habis karena persediaannya yang tidak terbatas.
Sekarang, sungai, danau, bendungan dan air bawah tanah semuanya telah tercemar atau sama sekali kering.


Pemandangan sekitar yang terlihat hanyalah gurun-gurun pasir yang tandus.
Infeksi saluran pencernaan, kulit dan penyakit saluran kencing sekarang menjadi penyebab kematian nomor satu.



Industri mengalami kelumpuhan, tingkat pengangguran mencapai angka yang sangat dramatik. Pekerja hanya dibayar dengan segelas air minum per harinya.

Banyak orang menjarah air di tempat-tempat yang sepi. 80% makanan adalah makanan sintetis.
Sebelumnya, rekomendasi umum untuk menjaga kesehatan adalah minum sedikitnya 8 gelas air putih setiap hari.
Sekarang, aku hanya bisa minum setengah gelas air setiap hari.

Sejak air menjadi barang langka, kami tidak mencuci baju, pakaian bekas pakai langsung dibuang, yang kemudian menambah banyaknya jumlah sampah.
Kami menggunakan septic tank untuk buang air, seperti pada masa lampau, karena tidak ada air.

Manusia di jaman kami kelihatan menyedihkan:
Tubuh sangat lemah; kulit pecah-pecah akibat dehidrasi; ada banyak koreng dan luka akibat banyak terpapar sinar matahari karena lapisan ozon dan atmosfir bumi semakin habis.

Karena keringnya kulit, perempuan berusia 20 tahun kelihatan seperti telah berumur 40 tahun. Para ilmuwan telah melakukan berbagai investigasi dan penelitian, tetapi tidak menemukan jalan keluar.
Manusia tidak bisa membuat air. Sedikitnya jumlah pepohonan dan tumbuhan hijau membuat ketersediaan oksigen sangat berkurang, yang membuat turunnya kemampuan intelegensi generasi mendatang.

Morphology manusia mengalami perubahan...
…yang menghasilkan anak-anak dengan berbagai masalah defisiensi, mutasi, dan malformasi.

Pemerintah bahkan membuat pajak atas udara yang kami hirup:
137 m3 per orang per hari. [31,102 galon]
Bagi siapa yang tidak bisa membayar pajak ini akan dikeluarkan dari “kawasan ventilasi” yang dilengkapi dengan peralatan paru-paru mekanik raksasa bertenaga surya yang menyuplai oksigen.
Udara yang tersedia di dalam “kawasan ventilasi” tidak berkulitas baik, tetapi setidaknya menyediakan oksigen untuk bernafas.
Umur hidup manusia rata-rata adalah 35 tahun.

Beberapa negara yang masih memiliki pulau bervegetasi mempunyai sumber air sendiri. Kawasan ini dijaga dengan ketat oleh pasukan bersenjata.
Air menjadi barang yang sangat langka dan berharga, melebihi emas atau permata.

Disini ditempatku tidak ada lagi pohon karena sangat jarang turun hujan.
Kalaupun hujan, itu adalah hujan asam.
Tidak dikenal lagi adanya musim. Perubahan iklim secara global terjadi di abad 20 akibat efek rumah kaca dan polusi.
Kami sebelumnya telah diperingatkan bahwa sangat penting untuk menjaga kelestarian alam, tetapi tidak ada yang peduli.

Pada saat anak perempuanku bertanya bagaimana keadaannya ketika aku masih muda dulu,
aku menggambarkan bagaimana indahnya hutan dan alam sekitar yang masih hijau.
Aku menceritakan bagaimana indahnya hujan, bunga, asyiknya bermain air, memancing di sungai, dan bisa minum air sebanyak yang kita mau.
Aku menceritakan bagaimana sehatnya manusia pada masa itu.


Dia bertanya: - Ayah! Mengapa tidak ada air lagi sekarang ?
Aku merasa seperti ada yang menyumbat tenggorokanku...

Aku tidak dapat menghilangkan perasaan bersalah, karena aku berasal dari generasi yang menghancurkan alam dan lingkungan.
dengan tidak mengindahkan secara serius pesan-pesan pelestarian... dan banyak orang lain juga!
Aku berasal dari generasi yang sebenarnya bisa merubah keadaan, tetapi tidak ada seorangpun yang melakukan.
Sekarang, anak dan keturunanku yang harus menerima akibatnya.

Sejujurnya, dengan situasi ini kehidupan di planet bumi tidak akan lama lagi punah,
karena kehancuran alam akibat ulah manusia sudah mencapai titik akhir.

Aku berharap untuk bisa kembali ke masa lampau dan meyakinkan umat manusia untuk mengerti apa yang akan terjadi ...
... Pada saat itu masih ada kemungkinan dan waktu bagi kita untuk melakukan upaya menyelamatkan planet bumi ini!

Kirim surat ini ke semua teman dan kenalan anda,
walaupun hanya berupa pesan, kesadaran global dan aksi nyata akan pentingnya melestarikan air dan lingkungan harus dimulai dari setiap orang.


Persoalan ini adalah serius dan sebagian sudah menjadi hal yang nyata dan terjadi di sekitar kita.
Lakukan untuk anak dan keturunanmu kelak.

AIR DAN BUMI DEMI MASA DEPAN!

Ini slide yang saya dapatkan dari temen saya sewaktu KKN. Kesimpulan dan Makna yang saya dapat banyak sekali untuk peduli terhadap lingkungan sekitar dalam penghijauan, mengurangi penggunaan sampah plastik yang tidak dapat terurai dan tetep menghemat penggunaan air kita tidak tahu bahwa suatu saat nanti air yg kita gunakan bisa habis. Semoga slide ini bisa bermanfaat dan saran saya untuk meneruskan postingan ini.

Note Tambahan awal sholeh: ini dia saran dan koment yg saya dapat kesimpulannya Bagi yang beragama islam wajib percaya sama al-quran dan allah SWT karna semua dan karnanya lah kita berada didunia dan masih diberi nikmat buat ngeblog dan bertukar pikiran. ramalan diatas merupakan hanya CONTOH bukan NYATA ATAU REALITA mari kita menyikapi secara positif dan POSTING INI HANYA untuk MEMOTIVASI diri kita buat sadar terhadap alam dan selalu melestarikan alam ini. Bukan Untuk percaya sama ramalan masa depan.

Auteur : Ria Ellwanger, en collaboration avec Lopez Chavez Ariel Alahin riaellw@globo.com, alainlopez909@hotmail.com
Texte : revue "Crónica de los Tiempos“, d’avril 2002.
Musique: Chopin - Tristesse
Images : Getty Images
Traduction française “maison”: Eva Sagasti generationsfutures.net
Free English translation: Daniel T. Brunner daniel_to_b@hotmail.com
Free Bahasa translation: Yuli Suliyanti yuliana suliyanti@yahoo.co.id

38 comments:

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Postingan yang sangat inspiratif sobat,...

muchlisin mengatakan...

Semoga kita tersadar! Save our earth
Dhaharal fasaadu fil barri wal bahri bimaa kasabat aidinnaas
"telah tampak kerusakan di darat dan di laut akibat perbuatan manusia..."

Tukang Komen mengatakan...

benar kata MJ "Heal the world, make it better place... for you and for me and the entire human race"

reni mengatakan...

Wah..., makasih sudah diingatkan.
Saatnya kita lebih peduli kepada lingkungan kita nih.

KucingTengil mengatakan...

wew...... speechless

Qumfullboy mengatakan...

weeeeeh.... mantab postingannya..mengingatkan kita kembali akan kelestarian lingkungan..mulai dari air..udara dan memang skrang kita harus menjaganya baik2 agar di masa mendatang tdk terjadi seperti yg diatas........hehheheeeee :D

Seri mengatakan...

kelestarian lingkungan hidup dan pembangunan harus diimbangi agar kedua-duanya memberi manfaat kepada generasi akan datang.

zaskia mengatakan...

hehehe krren n kreatif juga nih

cahnDableck mengatakan...

Apapun yang kita lakukan hari ini, akan berakibat di masa mendatang. oleh karena itu mari kita berbuat yang positif2 aja.

Hamster Copo mengatakan...

Pesan yang enggak bisa dinalarkan dan enggak membuktikan apa--apa kita sebagai umat muslim tidak selayaknya percaya sama hal yang akan keluar dimasa depan itu sama halnya dengan percaya sama ramalan,, maas tau sendirikan kalau orang yang percaya ramalan maka sholatnya enggak akan diterima selama sebulan..aku berani debat sama siapapun yang percaya sama pesan tersebut kenapa?? karena aku punya pegangan hidup yaitu al-quran,,dalam alquran dijelaskan bahwa nanti kalau hari kiamat manusia akan tenggelam..dan fakta mengatakan bahwa air di laut sekarang terus naik hingga dijepang dan inggris dibangun dinding untuk menahan air yang terus naik bahkan beberapa pulau dipapua nugini telah tenggelam..
Siapa yang percaya sama pesan itu maka dia murtat..itu hanya bohongan hanya allah yang tau apa yang akan terjadi dimasa depan..kalau emang maas benar--benar orang muslim dan mengimani bahwa allah itu mempunyai sifat-sifat qudrah(berkuasa), ilmu(mengetahui), qadirun(berkuasa), 'alimun(mengetahui), seharusnya enggak percaya gituan..aku sarankan agar tidak menindak lanjutin hal tersebut atau menyebarkannya..
AKU BERANI BERDEBAT SAMA MAAS KALO EMANG MAAS MASIH TETAP BERSI KUKUH MEMBELA PESAN TERSEBUT *ini tantangan* sebelumnya aku bertanya,,maas berpegangan sama siapa atau apa??buku atau media..kalo aku berpegangan pada al-quran dan fakta
Ini bukan ancaman hanya peringatan agar tidak percaya sama pesan itu
WARNING

heryanto mengatakan...

apakah takdir kita seperti itu, hanya Allah yg tau.

Awal Sholeh mengatakan...

@ HAMSTER COPO: Liat dunk kesimpulan yang saya ambil pada slide birunya saya cuma ingin sekedar memberikan suatu nilai positif bahwa kita harus sadar dan peduli terhadap lingkungan bukan terhadap surat tahun 2070nya karna kita tidak akan tahu hari esok kerna saya orang islam saya tetep percaya sama allah SWT dan alquran. tapi postingan saya ini lebih menitik beratkan akan sadar sama lingkungan hidup dan tetep menjaga kelestarian alamnya. ingat gak global warming. nah dari itu saya mencari ide positif buat hal kecil dan bermakna untuk kelestarian alam bukan percaya ramalan. gimana mba hamset? setuju gak? apa ada yg kurang?

Awal Sholeh mengatakan...

@ hamster: ini mba slide yg berhubungan ma postingan ini dan diatas jadi tentang mencegah kerusakan alam.

http://awalsholeh.blogspot.com/2009/07/go-green-indonesiaku-2009-hindari.html

http://awalsholeh.blogspot.com/2009/07/tips-go-green-untuk-karyawan.html

Awal Sholeh mengatakan...

@ Hamster: jadi intinya bukan pada ramalan itu nah salah satu contoh ramalan yg saya ambil itu buat contoh aja biar kita sadar. tapi makna positifnya biar kita bisa termotivasi buat kedepan yg lebih baik. wah jadi algor neh saya ttg global warming dan lingkungan hidup neh hamster.

rhe mengatakan...

bisa jadi kritikan tu hihihihihi =))

vie_three mengatakan...

sungguh menakutkan..... aq seperti ditampar keras-kerasn.... air.... ulu pas SD ada pelajaran yg mengatakan bahwa air termasuk SDA yg dapat diperbaharui... tapi ternyata kini sudah berubah air sudah termasuk SDA yg tidak dapat diperbaharui....

umi rina mengatakan...

Ramalan bukan untuk dipercayai apalagi diyakini! Peduli lingkungan sudah semestinya diamalkan bagi seorang yang beriman kepadaNya dan hari akhir. Mulailah dari hal yang sekecil mungkin di sekitar kita, menanam 1 pohon manfaat, menggunakan air dengan tidak isrof, membuang sampah pada tempatnya dengan pola combustible dan recycled, dan masih banyak yang lainnya. Dan semua dilakukan sebagai wujud `bersyukur kepadaNya` dalam lisan, hati dan amal.

ReMo-XP mengatakan...

Wah,,, bagus banget ne sob,,, biar masyarakat dunia sadar akan lingkungan hidup yag sehat, khususnya warga jakarta yang suka mencemari sungai,,,

Bayu The Maniac mengatakan...

tu bneran nggak sob ???
hehehe ...
aq jdi ngeri ngeliat poto orangnya ...
hihihi ...

agus mengatakan...

Saya juga pernah melihat slide yang seperti itu mas. Alangkah baiknya jika disertakan sekaligus link buat download slide tsb agar sobat2 lebih melihatnya secara langsung slidenya itu.

ebenk789 mengatakan...

Yang masih bikin bingung air yg di Laut ikut kering juga ya ??? BUkannya teknologi sekarang dapat memfilter air laut menjadi siap minum ?? aneh tapi bagus untuk sadar akan lingkungan ;)

RIZKI mengatakan...

postingannya bagus banget mas...
kalau saja smpat didunia ini tidak ada air...
maka binasalah semua mahluk didunia ini...

Anonim mengatakan...

Wah2..
parah bgt nh klo bnr msa dpn tuh ky gni..:((
Ayo sadar manusia..
sblon smua nya terlambat!!

heri mengatakan...

wah ga bsa byanginn........mga za gak teerjadi.....lho bner2 terjadi..kta pasrahkan za ma yg ciptain.n harus spirit...

iroen mengatakan...

jika itu benar. itu semua adalah perbuatan orang-orang yahudi,work together with satan & evil yang tak suka keberadaan manusia di bumi yang secuil ini.

Anonim mengatakan...

dan kadang orang2 koq semakin pauk-pauk, dipikirnya kita hanya hidup untuk di dunia ini aja

iroen mengatakan...

yang ngirim surat dari tahun 2070 pauk-pauk, oto2 dan loak.

Anonim mengatakan...

Postingnya bagus, bisa mengingatkan kita akan kesadaran terhadap air, udara dan lingkungan. akan tetapi kita tidak boleh mempercayai surat ini, surat ini hanya merupakan peringatankan, betul???

caca mengatakan...

serem sekali kalau seperti itu terjadi apalagi harus cukur rambut. saya sangat suka posting nya sangat bagushttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/3.gif

ade mengatakan...

Apiiiiiiiiiiikkkkkkkkkkkkkkkk...
4 jempol deh..
terharu sama postingannya..
:((

Anonim mengatakan...

kemana tuh si hamster copo?? udah ngerti maksud ni pesan ato gk berani lanjutin tantangan lo ke awal sholeh?? saya pake anonymous krn saya emang gk punya account di blogspot, jd jgn sekali2 ngatain saya pengecut krn gk pake name profile!!

anywhere_Smile mengatakan...

Simpler and easier just links london various facets of being married the ought links london jewellery to be obtained and tradition recently indicated links of london sale actually divided regarding the bride's family, links of london silver the groom's family, as well as the groom himself. discount links of london Over are the days where the bride's parents insures links of london ring uk every single thing make a list of to links of london friendship bracelets sale perfect detail. For a short period, tradition had shifted this obligation to qualify for the links sweetie bracelet three parties soon discussed the following., a response, links of london earrings as well as ever-popular brunch. Experience entered production although there required to links of london necklaces sale twelve inches into your market by the grooms telephone and therefore bridal individual.

Anonim mengatakan...

postingan yang sangat bagus.
saya hoby dengan tanaman,jadi makin senang lagi stelah liat surat ini.
bagaimana ya cara agar pesan ini bisa dbaca oleh orang banyak?biar jadi bahan renungan nantinya.

obat penyakit jantung mengatakan...

gunakanlah ar sesuai dgn yng kita butuhkan

define academic mengatakan...

tahun segitu, aq udah umur keberapa??

music improvisation mengatakan...

umur q brapa yak klo thun 2070??

Fabi Fuu mengatakan...

Itu hanya orang iseng tapi Pintar + Kreatif... yg ingin menyelamatkan bumi....

Ayo selamatkan Lingkungan!

--http://ebookbiologi.blogspot.com/

Pengobatan Hepatitis Secara Alami mengatakan...

nice post

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Recent Comentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com