Sabtu, 18 Juli 2009

Manfaat Shalat Malam

. Sabtu, 18 Juli 2009


Tahajjud Bisa Mengatasi Kanker
Sebuah penelitian ilmiah membuktikan, shalat tahajjud membebaskan seseorang dari pelbagai penyakit.

Berbahagialah Anda yang rajin shalat tahajjud. Di satu sisi pundi-pundi pahala Anda kian bertambah, di sisi lain, Anda pun bisa memetik keuntungan jasmaniah. Insya Allah, Anda bakal terhindar dari pelbagai penyakit .
Itu bukan ungkapan teoritis semata, melainkan sudah diuji dan dibuktikan melalui penelitian ilmiah. Penelitinya dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya, Mohammad Sholeh, dalam usahanya meraih gelar doktor. Sholeh melakukan penelitian terhadap para siswa SMU Lukmanul Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya yang secara rutin memang menunaikan shalat tahajjud.


Ketenangan
Shalat tahajjud yang dilakukan di penghujung malam yang sunyi, kata Sholeh, bisa mendatangkan Ketenangan. Sementara ketenangan itu sendiri terbukti mampu meningkatkan ketahanan tubuh imunologik, mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan meningkatkan usia harapan hidup.

Sebaliknya, bentuk-bentuk tekanan mental seperti Stres maupun Depresi membuat seseorang rentan terhadap berbagai penyakit, infeksi dan mempercepat perkembangan sel kanker serta meningkatkan metastasis (penyebaran sel kanker). Tekanan mental itu sendiri terjadi akibat gangguan irama sirkadian (siklus bioritmik manusia) yang ditandai dengan peningkatan Hormon Kortisol. Perlu diketahui, Hormon Kortisol ini biasa dipakai sebagai tolok ukur untuk mengetahui kondisi seseorang apakah jiwanya tengah terserang stres, depresi atau tidak.
Untungnya, kata Sholeh, Stres Bisa Dikelola. Dan pengelolaan itu bisa dilakukan dengan cara edukatif atau dengan cara Teknis Relaksasi atau Perenungan/Tafakur dan umpan balik hayati (bio feed back). "Nah, shalat tahajjud mengandung aspek meditasi dan relaksasi sehingga dapat digunakan sebagai coping mechanism atau pereda stres yang akan meningkatkan ketahanan tubuh seseorang secara natural", jelas Sholeh dalam disertasinya berjudul Pengaruh Shalat Tahajjud Terhadap Peningkatan Perubahan Respon Ketahanan Tubuh Imunologik.


Tahajjud harus secara Ikhlas & Kontinyu
Namun pada saat yang sama, shalat tahajjud pun Bisa Mendatangkan Stres, terutama bila Tidak Dilaksanakan Secara Ikhlas dan Kontinyu. "Jika tidak dilaksanakan dengan ikhlas, bakal terjadi kegagalan dalam menjaga homeostasis atau daya adaptasi terhadap perubahan pola irama pertumbuhan sel yang normal, tetapi jika dijalankan dengan ikhlas dan kontinyu akan sebaliknya", katanya kepada Republika.
Dengan begitu, keikhlasan dalam menjalankan shalat tahajjud menjadi sangat penting. Selama ini banyak kiai, dan intelektual berpendapat bahwa ikhlas adalah persoalan mental-psikis. Artinya, hanya Allah swt yang mengetahui dan mustahil dapat dibuktikan secara ilmiah. Namun lewat penelitiannya, Sholeh berpendapat lain.

Ia yakin, secara medis, ikhlas yang dipandang sebagai sesuatu yang misteri itu bisa dibuktikan secara kuantitatif melalui indikator sekresi hormon kortisol. "Keikhlasan Anda dalam shalat tahajjud dapat dimonitor lewat irama sirkadian, terutama pada sekresi hormon kortisolnya", kata pria yang meraih gelar doktor pada bidang psikoneoroimunologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini.

Dijelaskan Sholeh, jika ada seseorang yang merasakan sakit setelah menjalankan shalat tahajjud, besar kemungkinan itu berkaitan dengan niat yang tidak ikhlas, sehingga gagal terhadap perubahan irama sirkadian tersebut. Gangguan adaptasi itu tercermin pada sekresi kortisol dalam serum darah yang seharusnya menurun pada malam hari. Apabila sekresi kortisol tetap tinggi, maka produksi respon imunologik akan menurun sehingga berakibat munculnya gangguan kesehatan pada tubuh seseorang. Sedangkan sekresi kortisol menurun, maka indikasinya adalah terjadinya
produksi respon imunologik yang meningkat pada tubuh seseorang. Niat yang tidak ikhlas, kata Sholeh, akan menimbulkan Kekecewaan, Persepsi Negatif, dan Rasa Tertekan. Perasaan negatif dan tertekan itu menjadikan seseorang rentan terhadap serangan stres.
Dalam kondisi stres yang berkepanjangan yang ditandai dengan tingginya sekresi kortisol, maka hormon kortisol itu akan bertindak sebagai imunosupresif yang menekan proliferasi limfosit yang akan mengakibatkan imunoglobulin tidak terinduksi. Karena imunoglobulin tidak terinduksi maka sistem daya tahan tubuh akan menurun sehingga rentan terkena infeksi dan kanker.

Kanker, seperti diketahui, adalah pertumbuhan sel yang tidak normal. "Nah, kalau melaksanakan shalat tahajjud dengan ikhlas dan kontinyu akan dapat merangsang pertumbuhan sel secara normal sehingga membebaskan pengamal shalat tahajjud dari berbagai penyakit dan kanker (tumor ganas)," kata alumni Pesantren Lirboyo Kediri Jatim ini. Menurutnya, shalat tahajjud yang dijalankan dengan tepat, kontinyu, khusuk, dan ikhlas dapat menimbulkan persepsi dan motivasi positif sehingga menumbuhkan coping mechanism yang efektif.
Sholeh menjelaskan, respon emosional yang positif atau coping mechanism dari pengaruh shalat tahajjud ini berjalan mengalir dalam tubuh dan diterima oleh batang otak. Setelah diformat dengan bahasa otak, kemudian ditrasmisikan ke salah satu bagian otak besar yakni Talamus. Kemudian, Talamus menghubungi Hipokampus (pusat memori yang vital untuk mengkoordinasikan segala hal yang diserap indera) untuk mensekresi GABA yang bertugas sebagai pengontrol respon emosi, dan menghambat Acetylcholine, serotonis dan neurotransmiter yang lain yang memproduksi sekresi kortisol.
Selain itu, Talamus juga mengontak prefrontal kiri-kanan dengan mensekresi dopanin dan menghambat sekresi seretonin dan norepinefrin. Setelah terjadi kontak timbal balik antara Talamus-Hipokampus-Amigdala-Prefrontal kiri-kanan, maka Talamus mengontak ke Hipotalamus untuk mengendalikan sekresi kortisol
Antara Jurnalistik dan Management Komunikasi.

Alhamdulillah Walaupun Dikapal Bisa Shalat


Pemandangan Bagus



Ngerusuhin Syuting Film Terminator ;)


Bingung Pada Rapat Apa ini ;)

53 comments:

kucrit mengatakan...

begitu istimewanya manfaat tahajjud....

Kuliah Gratis mengatakan...

Kok ada acara Narsis narsisannya ya.........

zujoe mengatakan...

tambahan ilmu lagi di sini... mudah-mudahan nanti aku bisa di kasih hidayah sama Alloh, minta doanya ya sob...

AeArc' mengatakan...

iya nih, aku aja baru solat tahajud 3 kali seumur-umur, waktu mau uan sama pas bukan ramadhan.. makasih banget artikelnya mudah-mudahan bisa ngbuat aku rajin solat tahajud, amin..

AeArc' mengatakan...

iya nih, aku aja baru solat tahajud 3 kali seumur-umur, waktu mau uan sama pas bukan ramadhan.. makasih banget artikelnya mudah-mudahan bisa ngbuat aku rajin solat tahajud, amin..

balita mengatakan...

moga banyak orang yang baca ne arttikel....
biar banyak orang yang sholat tahajud...

visit me http://shell32.web.id

KucingTengil mengatakan...

wah... intinya sgala sesuatu mang harus ikhlas ngerjainnya. Harus belajar ikhlas neh biar dpt manfaatnya.

Btw, irama sirkadian itu apa ya???

Oh iya, tu foto ga penting ngapain muncul di rapat pleno mbah2 bule =))

dj tutorial mengatakan...

wah..alangkah indahnya dan damainya bisa sholat tahajud tiap malaem...amin

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Subhanallah,.....
Jadi dapat ilmu sore ini.

Susah Jadi Manusia mengatakan...

;)) mas awal sholeh...disini mas misteriz saya sudah follow blognya dan saya bukan mba" tapi maz....

Dinoe mengatakan...

Subhanallah...besar sekali manfaatnya..nice info sob..

suzhu BITES mengatakan...

subhanallah...aq jarang banget sholat tahajud abiz tidurnya sll kemaleman. iya nih sholat ma dzikir bikin hati tenang. thank infonya yaks bro

irmasenjaque mengatakan...

bener bgt ya mas,...
aku merasakan hikmah nya shalat tahajud,saat sakit saat berada dalam kondisi terpuruk..shalat tahajud menentramkan kegelisahan jiwa dan kesakitan tubuh kita.

Bayu The Maniac mengatakan...

sori telat dateng sob ..
sibuk skolah ...
hehehe ...

nice post tuh ...
keep posting yah ,..

Awal Sholeh mengatakan...

@ kuliah gratis: wkakakaka iya neh sedikit narsis dah mulai sdkt idenya ;)

Awal Sholeh mengatakan...

@ AEarc: saya dl sebelum UAS n UAN shalat malam jg sobat. terkadang dulu sering tp sekarang udah gak pernah lagi mau ngumpulin niat

Awal Sholeh mengatakan...

@ mia: ya bener harus ikhlas biar bermanfaat ;)

@ balita: amen semoga sob.

@ zoe: iya mas semoga amien

rhe mengatakan...

waduh,, gmn sama ane yang jarang sholat tahajud

rugi banget :((

reni mengatakan...

Hayooo..., orang sedang sibuk rapat kok malah diintip sih ?!

BTW, makasih udah mengingatkan tentans manfaat sholat malamnya. Nice post !

Awal Sholeh mengatakan...

@ reni: ya bun iseng2 aja tuh orang. ;)

@ rhe: semoga dr sini ada pencerahan rhe saya sekarang juga gak pernah tahajud neh

Awal Sholeh mengatakan...

@ bayu: semangat mas bayu jangan sampe gak dikerjain tugasnya. sekolah dimana mas? kelas berapa?

Awal Sholeh mengatakan...

@ mia: irama sirkadian (siklus bioritmik manusia) yang ditandai dengan peningkatan Hormon Kortisol. ya neh intinya harus ikhlas ngerjain apapun biar dpt barokah.

sewa mobil murah mengatakan...

wah fotonya narsis abis tuh. =))
terasa hampa kosong di sekeliling kita saat sholat tahajjud, yang terasa hanyalah keheningan. terasa getaran yang gak bisa di ucapkan dengan kata2.

belly mengatakan...

wwow.. ternyata sholat malam memang besar manfaat dan hidayah ya sob! thanks infonya!

bejo mengatakan...

pertama menjalankan sih terasa berat, tapi bila telah berjalan terasa nikmat....

silvi mengatakan...

emang luar biasa manfaat sholat tahajut....aku sendiri udah merasakan

PUJI mengatakan...

TEMANKU SHOLAT TAHAJUT MALAH BABLAS MATI

Ego mengatakan...

Kayaknya saya harus shalat tahajud nih.tapi niatnya apa ya?
ada yg tau nggak?
ego-390.blogspot.com

anywhere_Smile mengatakan...

Simpler and easier just links london various facets of being married the ought links london jewellery to be obtained and tradition recently indicated links of london sale actually divided regarding the bride's family, links of london silver the groom's family, as well as the groom himself. discount links of london Over are the days where the bride's parents insures links of london ring uk every single thing make a list of to links of london friendship bracelets sale perfect detail. For a short period, tradition had shifted this obligation to qualify for the links sweetie bracelet three parties soon discussed the following., a response, links of london earrings as well as ever-popular brunch. Experience entered production although there required to links of london necklaces sale twelve inches into your market by the grooms telephone and therefore bridal individual.

obat herbal epilepsi mengatakan...

wihh ternyata shalat tahajud juga bnayak manfaatnya y....
makasih y atas informasinya

common sense mengatakan...

cuman agak berat waktu pelaksaannya..

ilmi mengatakan...

thanks infonya...
http://kafebuku.com/shalat-tahajjud-khusus-para-pebisnis/

music improvisation mengatakan...

wew, sholat di atas bukit??

read well mengatakan...

memang bnyak manfaatny, teruji!

Anonim mengatakan...

eh, eh, eh....
tapi perlu diinget...
"qt akan mendapatkn sesuai apa yg qt dapat"..
seperti itu kurang lebihnya makna dari sebuah hadist...

klw qt niatkan tahajjud krn pgn mdapat manfaatnya sj, ya, InsyaAlloh akan qt dapatkn...

tp niat kaya itu ga akan mangantarkn pd tercapainya pahala (alias tahajjud yg qt lakukan bernilai ibadah)...

nah, lebih baik, natkan lurus,,,
semata2 niat utk mendapatkan pahala sunnah....
InsyaAlloh,
apapun hasilnya dr kerutinan qt tahajjud,,
meski ternyata (misalnya) qt nanti dpt penyakit,,,
qt ga berhenti dan putus asa utk menunaikn sholat Tahajjud.....

alright,,
do anything cz Alloh SWT..
no just for wordl/material/etc advantages......]
;))
;;)

Anonim mengatakan...

edit:

"qt akan mendapatkn sesuai apa yg qt niatkan"..
seperti itu kurang lebihnya makna dari sebuah hadist...

Honey Dzikri Marhaeny mengatakan...

subhanallah.. ;;)

Free Download Theme mengatakan...

artikel yang bermanfaat.
terimakasih

Obat tradisional asam urat mengatakan...

subhanalloh :)

Putri Cute mengatakan...

Terimakasih, kebetulan lagi nyari referensi tentang shalat tahajud agar lbh termotivasi.nih

nay mengatakan...

Subhanalah
Alhamdulilah ea allah

obat herbal wasir mengatakan...

Subhanallah,,,,Alloh memerintahkan sesuatu seperti shalat tahajud tidak ada kerugian sama sekali bagi orang yang melaksanakanya malah keuntungan di dapat berlipat ganda

Anonim mengatakan...

Undеniаbly belieѵe that whiсh you
ѕaіd. Үоur faνorіte reasοn
seеmed to be on the intеrnet the simpleѕt thing to be awаre of.
I say tο you, Ι definitelу get аnnoyed ωhіlе
pеople consіder ωorrіеs thаt theу рlainly ԁо nоt knoω about.
You managеd tо hit the nаіl upοn the top anԁ alsο defined οut the whole thing wіthout having sіԁе effeсt , peоplе
could taκe a signаl. Will likely be back to get
more. Thankѕ

Also νisit mу blog - buy nootropics
Visit my page : build a healthy brain

Anonim mengatakan...

I'm gone to convey my little brother, that he should also pay a quick visit this web site on regular basis to get updated from latest news.

Also visit my weblog :: tens machine

Ayu Azzahara Bella mengatakan...

subhanallah...

Anonim mengatakan...

Ηeу therе! Someone in mу Mysрaсe gгoup shareԁ this wеbsite with us so I cаme to look it
ovеr. I'm definitely enjoying the information. I'm boοk-marκing аnd will
be tweеting thiѕ to mу followеrs!

Wondеrful blоg and ехcellent
design.

Ηere is my web page - seo company in dallas tx

Anonim mengatakan...

I like the valuable infoгmаtion you
supply to your articlеs. І'll bookmark your weblog and check again right here regularly. I'm modeгаtely
сertain I'll be told many new stuff proper here! Good luck for the following!

Here is my website :: how to make money uying and selling cars

Anonim mengatakan...

Admiring the timе and effort you put into your blog and in depth informatіоn you
offer. It's nice to come across a blog every once in a while that isn't
the samе out of date rеhashed mateгiаl.
Wonderful rеad! I've bookmarked your site and I'm including уouг
RSS feeds to my Gοogle аccount.

Feel free to surf tо my web site ... hidden cctv camera

Anonim mengatakan...

Vеry dеscriρtive article, I loѵed that a lot.

Will there be a part 2?

Herе is my homepage ... allen tx house for rent

obat herbal kanker payudara mengatakan...

dan sholat tahajud bikn hati kita tenang dan lebih dekat dengan sang pencipta http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/11.gif

Ace Maxs mengatakan...

terima kasih atas infonya sangat bermanfaat sekali

Obat herbal kanker paru paru mengatakan...

info yang sangat bermanfaat sekali

Jelly Gamat mengatakan...

informasi yang bermanfaat sekali

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Recent Comentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com