Sabtu, 15 Agustus 2009

Kereta-kereta Tercepat di Dunia

. Sabtu, 15 Agustus 2009

Kemajuan Kereta Api semakin pesat dan maju.

Banyak orang mulai melirik kereta lagi, namun sayangnya kereta di Indonesia tidak memberikan layanan prima bahkan sampai harus diproteksi oleh pemerintah dari persaingan dengan pesawat. Keadaan ini masih ditambah lagi dengan leletnya laju kereta Indonesia, serta jadwal yang tidak pernah tepat waktu. Seandainya saja kereta di Indonesia bisa melaju secepat kereta-kereta tercepat di dunia seperti di bawah ini:


· Tokaido Shinkansen – Jepang

Jepang mengejutkan dunia dengan meluncurkan kereta ini di tahun 1964 untuk melayani ruteTokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka. Kecepatannya? Baru 201 km/jam saja.


· JR-Maglev MLX01 – Jepang

Termasuk kereta jenis superconducting magnetic levitation train (maglev) yang dalam uji cobanya bisa mencapai kecepatan 581 km/jam. Namun kereta ini belum dioperasikan secara komersil. China malah mendahului Jepang dengan meluncurkan lebih dulu kereta maglev-nya di tahun 2004.· Shangai Maglev Train – China
Dibangun dengan teknologi dari Jerman, kereta ini dapat mencapai kecepatan 430 km/jam dan dapat mengantar penumpang dari Pudong International Airport ke Longyang Road Station di tengah kota hanya dalam waktu delapan menit.



· Korean Train Express (KTX) – Korea Selatan
Tahun 2004, Korea Selatan menjadi negara kedua di Asia selain Jepang yang membangun jaringan kereta berkecepatan tinggi untuk menghubungkan kota-kota utama. Teknologi KTX mengadopsi teknologi TGV, kereta berkecepatan tinggi milik Perancis.· Taiwan High Speed Rail – Taiwan
Setelah mengalami penundaan beberapa tahun, akhirnya Taiwan High Speed Rail diluncurkan tanggal 5 Januari lalu. Dibangun berdasar teknologi Shinkansen milik Jepang, kereta ini memotong waktu tempuh antara Taipei dan Kaohsiung dari empat jam menjadi 90 menit.



· Train a Grande Vitesse (TGV) – Perancis
Diluncurkan di awal tahun 1980-an, TGV melayani rute antara Lyon dan Paris. Sejak menuai kesuksesan, rute pun ditambah ke kota-kota lain di Perancis dan bahkan sampai ke negara lain. Kereta ini dikembangkan oleh Alstom SA – pembuat kereta api terbesar kedua di dunia, dan memecahkan rekor kecepatan 515 km/jam untuk kereta dengan roda konvensional.



· InterCity Express (ICE) – Jerman
Di awal tahun 1990-an, Jerman meluncurkan kereta ini untuk melayani rute antara Hannover, Wurzburg, Mannheim, dan Stuttgart. Kereta ini dikembangkan oleh Siemens dan dapat mencapai kecepatan 280 km/jam.· Transrapid – Jerman
Jerman juga membuat kereta maglev yang dapat mencapai kecepatan 550 km/jam. Sayangnya, di bulan September 2006 kereta ini mengalami kecelakaan di dekat kota Lathen yang menimbulkan korban jiwa sebanyak 23 orang. (Tetap lebih aman dari pada pesawat di Indonesia).· Direttissima – Italia
Akhirnya Italia juga tidak mau ketinggalan demam membuat kereta cepat di Eropa. Italia meluncurkan kereta Direttissima ini untuk melayani rute Roma dan Florensia dengan kecepatan 254 km/jam.

· Eurostar – Inggris Raya
Kereta ini mulai beroperasi di tahun 1994 dan melayani rute dari London ke Perancis dan Belgia (melalui terowongan di bawah selat Channel). Perjalanan London ke Paris dengan kereta ini memakan waktu sekitar 2 jam dan 35 menit.Yang lebih seru, menaiki kereta-kereta ini adalah seperti berwisata. Kita merasa rileks dan nyaman sambil menikmati pemandangan di luar. Tidak seperti ketika menumpang pesawat udara dan kapal laut di Indonesia yang seperti mengikuti acara Uji Nyali. J

Sumber: Businessweek.com

29 comments:

gomel mengatakan...

PERTAMAXX dulu ahh.. :D

gomel mengatakan...

weitsss..
kapan yaa Indonesia ada kayak gituan?? boro2 kereta cepet..kereta yang bersih aja belom ada..
nih email gue.. melgomel@gmail.com
oke, gue tunggu y script Recent Comments nya..hhe,
oiya, dulu gue bisa pake smileys atau emoticon2 gitu, kok sekarang ga bisa lagi y? :-/

AeArc mengatakan...

wah gila.. sumpah, baru sekali ini ngliat kreta kayak gitu.. indonesia kapan ya

FUJIONO mengatakan...

semoga aja evolusi cirebon express menjadi Argojati trus Argociremai bisa semakin sempurna bertansformasi menjadi keret TGV(mimpi di siang bolong, yg dipikirin mungkin masih banyakx pedagang yg akan kehilangan mata pencaharian coz gk bisa dagang di atas sepur...he3x)
policy pemerintah kudu bs secepatx alih teknologi...Jakarta-cirebon cuman 30 menit, gw gak perlu ngekost tp pas di gambir kejebak macet sama ajah boong!!!!~x(

thanx for ur further information bro..more creative

zujoe mengatakan...

kalo di banding KRL di jakarta gimana perbandingannya wal???

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Wah... nice info sobat.
kapan yah bisa naik kereta cepat itu???

WISH TO BE HERO mengatakan...

Saya pernah melihat film 3 dimensi mengenai kereta shinkansen dari Jepang saat ada event Indonesia-Jepang Expo tahun lalu, dan disitu juga ada rencana Indonesia untuk membangun rel untuk sarana kereta api super cepat tersebut, Namun sampai saat ini kok belum ada kabarnya lagi
Semoga bisa direalisasikan secepatnya

Ivan Kavalera mengatakan...

Hemmmmmmmm,.. :-/kapan ya saya bisa naik kereta semacam ini. Wuiih..cepat banget lajunya ya mas.

lover mengatakan...

indonesia...???punya kereta cepat???
mungkin gak ya???

^^haqie mengatakan...

cepet2 yah kereta nyah....ntar pada nyampek duluan semua tuuuh ke kantor

reni mengatakan...

Dari modelnya udah keliatan banget 'modern'nya ya?
Futuristik banget...!! Jadi pengen nyobain naik kereta tercepat di dunia niy... ^_^

NURA mengatakan...

salam sobat
kereeenn amat kereta apinya,,seperti di negara JEPANG,,,kereta cepatnya.

Aniamation, money n more mengatakan...

kapan ya kira2 kita punya kereta kayak gini soalnya aku pake kereta KRD ekonomi lamanya banget

Miawruu mengatakan...

dana buat perbaikan transportasi kereta api di Indonesia mah udah masuk duluan ke kantong pejabat. Met menikmati aja kereta api yg udah jadul dan berkarat...

theodora mengatakan...

we...we....bagus keretanya nih...tapi ntar kalau ada di indonesia ntar dirusakin lagi,kayak jembatan s..madu...madu tuh loh... besi2 jembatannya dah di koyak2

Daniel DPK mengatakan...

gimana mau cepat,bang..lha wong rel keretanya aja pada ilang baut-nya dijual kiloan..=))



MALAYSIA TERLALU KECIL UNTUK MENJADI LAWAN INDONESIA

pecinta body lebar mengatakan...

mari kita bangun indonesia ;)

syahrul mengatakan...

yyyyyyyyyyyyy udah sudah nasib

syahrul mengatakan...

yyyyyyyyyyyy memang udah nasibnya

Anonim mengatakan...

Bisa dibayangkan yaaa kalau Indonesia py kereta kayak gitu, bisa tabrakan mulu, Argobromo aja doyan makan korban...... gak mungkin deh kalau indonesia py kereta kayak gitu..... benahi dulu management KAI, sistem signal, rel nya baru berhayal beli kereta kayak gitu.......=))

TONY HENDIYANTO BLOG mengatakan...

iya bener2 , gimana mau beli , baut relnya aja banyak yang ilang dicolongin, dah belum akan mungkin lah punya kereta begituan.. nikmati aja apa adanya begini....

Anonim mengatakan...

mimpi kali indonesia punya yang kaya gituan,,, benerin aja dlu sarana transportasi yang ada sekarang......

episcopal priests mengatakan...

pengen donk, naik kereta ituu.. berapa yah sekali naik?? :D

music improvisation mengatakan...

kereta api indo koq gak masuk?? :(

read well mengatakan...

lebh ngebut dri pswat trbang!

read well mengatakan...

lebh ngebut dri pswat trbang!

cara mengobati penyakit jantung mengatakan...

Sebenarnya Anda lebih berani dari yang anda duga, lebih kuat dari yang anda tahu, dan lebih pintar yang anda kira, namun itu semua tersembunyi dibalik diding tipis bernama keragu-raguan.

obat kanker rahim mengatakan...

Masa-masa terbaik dalam hidup adalah saat kita mampu menyelesaikan masalah sendiri, Masa-masa suram kehidupan adalah saat kita menyalahkan orang lain atas masalah yang kita hadapi.

cara pemesanan tricajus mengatakan...

kereta-kereta .. aku belum pernah naik kereta.. :(

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Recent Comentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com