Selasa, 28 April 2009

Manfaat Puasa Senin Kamis

. Selasa, 28 April 2009

MANFAAT PUASA SENIN DAN KAMIS

BERDASARKAN pendapat sejumlah ahli kesehatan, puasa dapat memberikan berbagai manfaat bagi yang melaksanakannya, di antaranya untuk ketenangan jiwa, mengatasi stres, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memelihara kesehatan dan kecantikan. Puasa selain bermanfaat untuk ketenangan jiwa agar terhindar dari stres, juga dapat menyehatkan badan dan dapat membantu penyembuhan bermacam penyakit.

Selain itu, puasa dapat membuat awet muda atau menunda proses ketuaan. Supaya kondisi fisik selalu sehat dan bugar, organ-organ tubuh harus mendapatkan kesempatan untuk istirahat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berpuasa.

Puasa bagi umat Islam merupakan salah satu Rukun Islam dan merupakan salah satu ibadah wajib selama bulan Ramadan. Bagi umat Islam, berpuasa merupakan salah satu ibadah yang harus dilakukan. Ada puasa wajib yang harus dilakukan pada bulan Ramadan, tapi ada juga puasa-puasa sunah seperti puasa Daud, puasa Arafah, puasa Senin-Kamis, dan puasa sunah lainnya.

Beberapa ahli dari negara-negara Barat dan Timur telah meneliti dan membuktikan tentang manfaat puasa. Tiga orang ahli dari Barat yang non-Muslim telah mengemukakan pendapat mereka tentang faedah puasa.

Ketiga orang ahli tersebut adalah Allan Cott M.D., seorang ahli dari Amerika, Dr. Yuri Nikolayev Direktur bagian diet pada Rumah Sakit Jiwa Moskow, dan Alvenia M. Fulton, Direktur Lembaga Makanan Sehat "Fultonia" di Amerika.

Allan Cott, M.D., telah menghimpun hasil pengamatan dan penelitian para ilmuwan berbagai negara, lalu menghimpunnya dalam sebuah buku Why Fast yang mengalami 17 kali cetak ulang dalam tempo sewindu. Di buku itu, Allan Cott, M.D. membeberkan berbagai hikmah puasa, antara lain:

a. To feel better physically and mentally (merasa lebih baik secara fisik dan mental).

b. To look and feel younger (melihat dan merasa lebih muda).

c. To clean out the body (membersihkan badan)

d. To lower blood pressure and cholesterol levels (menurunkan tekanan darah dan kadar lemak.

e. To get more out of sex (lebih mampu mengendalikan seks).

f. To let the body health itself (membuat badan sehat dengan sendirinya).

g. To relieve tension (mengendorkan ketegangan jiwa).

h. To sharp the senses (menajamkan fungsi indrawi).

i. To gain control of oneself (memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri).

j. To slow the aging process (memperlambat proses penuaan).

Sementara itu, Dr. Yuri Nikolayev menilai kemampuan untuk berpuasa yang mengakibatkan orang yang bersangkutan menjadi awet muda, sebagai suatu penemuan (ilmu) terbesar abad ini. Beliau mengatakan: what do you think is the most important discovery in our time? The radioactive watches? Exocet bombs? In my opinion the bigest discovery of our time is the ability to make onself younger phisically, mentally and spiritually through rational fasting. (Menurut pendapat Anda, apakah penemuan terpenting pada abad ini? Jam radioaktif? Bom exoset? Menurut pendapat saya, penemuan terbesar dalam abad ini ialah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, dan spiritual, melalui puasa yang rasional).

Alvenia M. Fulton, Direktur Lembaga Makanan Sehat "Fultonia" di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh (fasting is the ladies best beautifier, it brings grace charm and poice, it normalizes female functions and reshapes the body contour).

* *

PUASA memiliki banyak hikmah dan manfaat untuk kesehatan tubuh, ketenangan jiwa, dan kecantikan. Saat berpuasa, organ-organ tubuh dapat beristirahat dan miliaran sel dalam tubuh bisa menghimpun diri untuk bertahan hidup. Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan kotoran, toksin/racun dari dalam tubuh, meremajakan sel-sel tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak dengan yang baru serta untuk memperbaiki fungsi hormon, menjadikan kulit sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh karena manusia mempunyai kemampuan terapi alamiah.

Puasa dapat membuat kulit menjadi segar, sehat, lembut, dan berseri. Karena, setiap saat tubuh mengalami metabolisme energi, yaitu peristiwa perubahan dari energi yang terkandung dalam zat gizi menjadi energi potensial dalam tubuh. Sisanya akan disimpan di dalam tubuh, sel ginjal, sel kulit, dan pelupuk mata serta dalam bentuk lemak dan glikogen.

Manusia mempunyai cadangan energi yang disebut glikogen. Cadangan energi tersebut dapat bertahan selama 25 jam. Cadangan gizi inilah yang sewaktu-waktu akan dibakar menjadi energi, jika tubuh tidak mendapat suplai pangan dari luar.

Ketika berpuasa, cadangan energi yang tersimpan dalam organ-organ tubuh dikeluarkan sehingga melegakan pernapasan organ-organ tubuh serta sel-sel penyimpanannya. Peristiwa ini disebut peremajaan sel.

Dengan meremajakan sel-sel tubuh, akan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh serta kulit kita. Oleh karena itu, orang yang sering berpuasa kulitnya akan terlihat lebih segar, sehat, lembut, dan berseri karena proses peremajaan sel dalam tubuhnya berjalan dengan baik.

Makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari, selain mengandung zat-zat gizi yang berguna untuk tubuh kita, juga mengandung bahan toksik atau racun yang kemudian tertimbun dalam tubuh. Bahan toksik atau racun yang ada dalam tubuh kita, jika sudah terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pada tubuh antara lain, tubuh menjadi mudah lelah, daya tahan tubuh menurun, sehingga mudah sakit.

Dengan melakukan puasa, tubuh akan menggunakan energi cadangan. Penggunaan energi cadangan ini menyebabkan racun-racun terbuang dan sel-sel tubuh dibersihkan. Selain itu, di bagian pencernaan terjadi juga pengeluaran racun karena alat-alat pencernaan beristirahat sehingga dapat membersihkan diri, juga termasuk usus besar yang merupakan pusat kotoran.

Berpuasa selain bermanfaat untuk detoksifikasi atau proses pengeluaran racun secara menyeluruh, juga bermanfaat untuk menambah tenaga. Hal tersebut disebabkan racun-racun yang ada pada sel-sel dan jaringan tubuh telah dibersihkan, sehingga organ tubuh menjadi lebih bersih dan zat gizi yang masuk lebih mudah diserap.

Berpuasa dapat membantu meningkatkan penyerapan gizi dari makanan yang dikonsumsi karena dalam saluran pencernaan, sebelum makanan diserap harus mengalami proses perubahan terlebih dahulu dari bentuk padat menjadi komponen-komponen yang sangat halus. Pada saat berpuasa, saluran pencernaan beristirahat selama beberapa jam. Dengan diistirahatkannya saluran pencernaan tersebut akan menjadi lebih baik dalam memproses dan menyerap makanan yang dikonsumsi, sehingga akan lebih bertenaga, sehat, dan kuat.

Supaya selalu tercipta kondisi sehat, bugar dan cantik saat berpuasa, sebaiknya pada waktu berbuka maupun sahur selalu mengonsumsi makanan sehat yang memenuhi unsur pola makan empat sehat lima sempurna dan bergizi lengkap. Dengan cara itu, tentunya dapat menunjang ibadah puasa yang kita dilakukan. (Surtiningsih, kolomnis/pengamat kesehatan)***

http://andirahadi.multiply.com/journal/item/1/MANFAAT_PUASA_SENIN_DAN_KAMIS



73 comments:

Anonim mengatakan...

bagus

verza mengatakan...

thanks

Anonim mengatakan...

:)

Anonim mengatakan...

Subhanallah.... tapi sayang, banyak umat islam yang belum tahu tentang hal ini... terima kasih atas informasinya, smoga Allah membalas dengan pahala yang berlibat ganda... Amin...

Ummiega mengatakan...

Semoga semakin banyak kaum muslim dan muslimah yang melakukan puasa sunnah.

Anonim mengatakan...

..mau berusaha nih,mg j bisa...amin

ayu mengatakan...

wah.. ternyata puasa banyak sekali manfaatnya.. puasa memang memberikan ketenangan batin.. selain itu juga membuat kita lebih fokus.. tp untuk memulai puasa juga cukup sulit ya.. banyak godaan.. terutama godaan perut.. hehehe...

Anonim mengatakan...

artikel yang sangat bermanfaat, smoga menambah ilmu dan pengetahuan kita...amin YRA

Ryan Isra mengatakan...

Lumayan, bikin semangat puasa senen-kamis ;;)

Anonim mengatakan...

buat gue smangat puasanya nieh...thanks.Smoga Allah selalu meridhoi
setiap amal perbuatan kita.Amien Ya Robal alamin

Anonim mengatakan...

tQ OM DAH ngasih tau !!!!!!
^^
+

Risma mengatakan...

Alhahmdulilah ya Allah mudah"n puasa ku selama ini d terima oleh Allah SWT ... n mndapat ridho nya nya serta keselamatan d dunia maupun d akherat nanti :)

Raihan mengatakan...

semoga semua amal kebaikan yang kita lakukan selama berpuasa disenin kamis ini diterima oleh allah SWT. Amieeeeen

Anonim mengatakan...

mudah mudahan allah membalas smuanya ,, ssungguhnya tlisan sprti n i sangtlah bermnfaat bgi kita smua..... aminn

Unknown mengatakan...

wih ternyata manfaat puasa senin dan kamis banyak juga. dah manfaatnyah banyak dapet pahala lagih
menakjubkan ternyata puasa senin kamis
aku coba ah

Anonim mengatakan...

jadi pengen rutin puasa nich,,:

fitria mengatakan...

subhanallah........puasa memang luar biasa

dian herdiana mengatakan...

subhanaallah :0

vera mengatakan...

subhanallah, islam memang hebat...:-)

ahdian mengatakan...

terima kasih infonya.

Hamid mengatakan...

insya allah saya mw melaksanakannya........... amien

Anonim mengatakan...

makasih penjelasannya
moga bisa terus melaksaakannya
amin

s mengatakan...

makasih nih mas atas infonya yang sangat luar biasa ini......

Lussy Try Kusumawardani mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
LiBrow Purified EyeBrow Stimulator mengatakan...

www.aldiansainformatika.com

solusi untuk pembuatan website, Toko Online Dan SMS Gateway

wawan eko b mengatakan...

terima kasih,ini sangat membantu sekali.
jelas dan mudah di pahami.

wawan eko b mengatakan...

terima kasih,ini sangat membantu sekali.
jelas dan mudah di pahami.

v3 prima mengatakan...

subhanallah tiada yg sia-sia apa yg allah ciptakan

v3 prima mengatakan...

subhanallah tiada yg sia-sia apa yg allah ciptakan

v3 prima mengatakan...

subhanallah tiada yg sia-sia apa yg allah ciptakan

v3 prima mengatakan...

subhanallah tiada yg sia-sia apa yg allah ciptakan

Pengobatan Herbal Asam Urat mengatakan...

subhanalloh sekali yaa manfaatnya..

Penyakit Batu Ginjal mengatakan...

waahh jadi termotifasi niihh..

Anonim mengatakan...

Sungguh banyaknya manfaat puasa.tambah smngat dech puasa senin kamisnya.Trims atas informasinya

Anonim mengatakan...

Sungguh banyaknya manfaat puasa.tambah smngat dech puasa senin kamisnya.Trims atas informasinya

Yusuf Batam mengatakan...

baru tau aku klo puasa senin kamis banyak sekali manfaatnya, makasih bro sudah share

Gamat Luxor mengatakan...

subhanalloh...
betapa besarnya manfaat dari berpuasa..

Gamat Luxor Aceh mengatakan...

puasa memang baik untuk kesehatan tubuh kita karena selain menahan amarah dan dahaga, puasa dapat membuat proses pencernaan kita beristirahat..

Obat Alami Maag Kronis mengatakan...

wah makasih ya infonya...
saya baru tau seberapa besar khasiatnya..

malaria mengatakan...

makasih banyak ya gan buat infonya

Patah Tulang mengatakan...

Mkasih nih informasinya moga sukses trus gan...

Infeksi Saluran Pernapasan Akut mengatakan...

Mkasih nih infromasinya moga sukses trus gan...

Darah Rendah mengatakan...

Mkasih nih informasinya moga sukses trus gan...

amnesia mengatakan...

mantap banget nih infonya

tulang belakang mengatakan...

salam kenal ya gan

RzaaL 1306 mengatakan...

Nice Share
Nice Share
Nice Share
Nice Share
Dan Nice Share

tyo mengatakan...

terimakasih infonya..
sukses terus buat blog ini

Cadis Hangoluan mengatakan...

wah makasih mas infonya...

sigit hermawan mengatakan...

lhamdulillah kang jadi dapet fadhilahnya nich.. salam blogger..

citra solis mengatakan...

enak lho puasa bikin badan sehat serta nafsu dunia dapat terkontrol dengan baik

adi wahyono mengatakan...

Kita sebagai manusia patut mensyukuri segala nikmat yang diberikan oleh Allah, apalagi kita bisa melakukan Nikmat Puasa Sunnah pada hari Senin dan Kamis. Sungguh luar biasa Allah memberikan kita Kesehatan dengan berpuasa, maka sebagai timbal baliknya kita harus melakukan hal-hal yang baik dijalan Allah dan selalu bersyukur kepadanya serta menjauhkan larangannya.

Anonim mengatakan...

Subhanallah... Bgtu bnyak.nya manfaat puasa seni & kamis...

home mengatakan...

bgitu bnyak yah mnfaatnya,,,, thanks for share

obat ace max's mengatakan...

wah bagus juga nih buat saya coba, ...

obat hiv aids mengatakan...

tapi kalo yang sudah biasa, enak lagi kalo baru pertama aga" malas gitu, ...

obat jelly gamat luxor mengatakan...

info yang sangat bermanfaat sekali buat di simak, ..

penyakit jantung mengatakan...

artikel-nya bagus buat semua orang, ..

muhammad asqalani mengatakan...

asik juga ya manfaat nya banyak sekali.

manfaat puasa senin kamis mengatakan...

Alhamdulillah..dah sy buktikan s3ndiri manfaatnya, trigliserid turun, jarang sekali sakit

safitri mengatakan...

Alhamdulillah... tiada yang sia2 jika petunjuk dr Allah SWT. Jd tambah semangat deh puasanx...

Anonim mengatakan...

I’m not that much of a online reader to be honest
but your blogs really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website to come back in the future. Many thanks
Also visit my webpage ; yourtobaccosstore.com

arya zeptany mengatakan...

Alhamdulillah....
Jazakallah khairan...

Anonim mengatakan...

This site was... how do you say it? Relevant!! Finally
I have found something that helped me. Thank you!
Here is my webpage :: golden virginia

Anonim mengatakan...

Howdy! This post couldn't be written any better! Reading this post reminds me of my good old room mate! He always kept talking about this. I will forward this page to him. Fairly certain he will have a good read. Thanks for sharing!
Also visit my web page ; diablo 3 gold farming

supri anto mengatakan...

alhamdullilah semoga puasaku diterima oleh allah swt, dan bermanfaat buat Q. :)

supri anto mengatakan...

alhamdullilah semoga puasaku diterima oleh allah swt, dan bermanfaat buat Q. :)

Anonim mengatakan...

I was wondering if you ever considered changing the structure of your site?
Its very well written; I love what youve got to
say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect
with it better. Youve got an awful lot of text for only having one or
2 images. Maybe you could space it out better?
Also visit my homepage : mac baren dark twist

Anonim mengatakan...

I really like reading an article that will make people think.

Also, thank you for permitting me to comment!
Here is my webpage :: cystic acne

Mas Adhie mengatakan...

artikel yg bermanfaat gan :)

alvin arifianto mengatakan...

semoga dapat pahala

Gamer Boy mengatakan...


DOWNLOAD IDM LATEST VERSION 6.16 WITH 1 YEAR SERIAL KEY 50% INCREASE IN DOWNLOADING SPEED DOWNLOAD FREE FROM HERE-->>> www.arsofts786.blogspot.com

DOWLOAD WIN 7 AND WIN 8 ACTIVATED SETUPS FULL VERSIONS DOWNLOAD FREE FROM HERE-->>> www.arsofts786.blogspot.com

Obat Sariawan mengatakan...

selain banyak manfaat yang didapatkan pada puasa senin kamis , juga terdapat pahala yang sangat luar biasa .

Anonim mengatakan...

hanya segelintiran orang saja dari ratusan juta manusia di Indonesia yg mendapatkan hidayah dan membaca artikel ini. :) Semoga kita termasuk orang2 beriman dan beruntung di jalan-Nya. :)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Recent Comentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com