Kamis, 04 Juni 2009

Rasa Bersyukur

. Kamis, 04 Juni 2009

Mengapa Manusia Merasa kurang puas dan ingin selalu lebih yah? (Tentang Rasa Bersyukur)

Dari judul diatas saya kadang berpikir mengapa manusia ingin selalu tidak pernah merasa puas yah? bukannya rasa bersyukur adalah kekayaan yang paling berharga dan nilai lebih dari semua yang ada didunia ini.
Artikel ini saya buat berdasarkan newsletter dari The Art of Happiness yang melakukan banyak penelitian tentang rasa bahagia. Buku-buku seri The Art of Happines ditulis bersama oleh Dr. Howard Cutler dan His Holiness The Dalai Lama, perpaduan antara pengetahuan psikologi barat dan nilai-nilai kehidupan timur. Sangat PAS dipraktekkan dalam hidup kita sehari-hari.

Sikap bersyukur sangat penting diajarkan sejak anak usia dini karena akan mempengaruhi kesehatan, kebahagiaan, dan rasa optimisnya dalam memandang hidup ini.

Salah satu prinsip dasar dari kebahagiaan sehari-hari bisa diukur dari sikap, harapan, dan pandangan kita. Dan satu faktor yang membentuk harapan dan pandangan kita adalah kecenderungan manusia untuk membandingkan. Kita membandingkan keadaan atau pengalaman kita saat ini dengan keadaan orang lain di sekeliling kita, dengan keadaan kita yang sebelumnya, dan juga dengan harapan kita akan masa depan.

Jika kita merasa lebih baik dari semua pembanding tersebut, maka kita merasa bahagia. Jika tidak, maka kita merasa sedih atau kecewa. Ada suatu cara yang bisa digunakan untuk membuat hari-hari yang bahagia dan mencapai kepuasan hati.

Kali ini saya memilih SIKAP BERSYUKUR sebagai topik karena hal ini sangat sederhana, dan merupakan cara yang ampuh dan efektif untuk menambah rasa bahagia. Dan perlu diketahui bahwa rasa bersyukur ini adalah pengembangan kebahagiaan yang pertama yang diteliti secara ilmiah.

BERSYUKUR DAN KEBAHAGIAAN

Penelitian membuktikan bahwa menulis rasa bersyukur di dalam sebuah buku kecil secara berkala akan menambah rasa bahagia. Kejadian - kejadian kecil yang dialami sehari-hari yang membuat mereka merasa berterima kasih, dicatat. Misalnya lima kejadian setiap hari. Atau bisa juga dilakukan tiga kali seminggu, tiap kali lima kejadian.

Mereka yang melakukan hal ini merasa lebih baik tentang :
* hidupnya secara keseluruhan
* lebih optimis tentang masa depan
* keluhan kesehatan juga berkurang
* mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk berolahraga
* lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain
* lebih cepat tertidur, menghabiskan lebih banyak jam tidur tiap malam, dan merasa lebih segar ketika bangun pagi

Hasil yang menggembirakan ini juga dilaporkan oleh pasangan hidup dari masing-masing peserta yang diteliti, yaitu adanya peningkatan ke arah yang positif dalam hal sikap dan tingkah laku.

Mengingat pentingnya sikap bersyukur maka sebaiknya anda mengajarkan hal ini kepada anak-anak demi masa depan mereka. Jika anak anda bahagia, maka pastilah anda sebagai orang tuanya akan bahagia.

Be a smart parent!

sumber http://www.miss-jana.org

rasa bersyukur Pictures, Images and Photos

18 comments:

Anak Pendang Sekeluarga mengatakan...

salam...sy ambil kesempatan mohon ampun dan maaf pada rakan2 alam maya saya..hari ini adalah hari last saya sebagai budak praktikal,ada jasa nie,,blog nie terhasil smsa prktikal nie la....dan pada ahad saya akan berangkat ke sabah selama 40 hari dengan tujuan untuk baiki iman dan amal saya,akhlak saya dan ibdat saya...mohon di doakan ye....tq

wiyono mengatakan...

salam kenal bro

tiara mengatakan...

salam kenal pak kami adalah blogger pemula yang minta masukan and minta di masukin he he he

Belajar SEO mengatakan...

Dengan bersyukur kita dapat melatih kesabaran dan kesuksesan(insya allah)... sukses selalu pak... great post...

Mas Andy mengatakan...

Mari kita bersyukur,
Almahdulillahirobbil alamin.... :)

Copas gpp kok, malah saya anjurkan :D
biar semua dapat tambahan ilmu
udah banyak kok yang copas, coba aja telusuri dengan google, ada sebagian yang nyantumin sumbernya, ada sebagian yang nggak nyantumin :D

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

marilah kita seanantiasa bersyukur. Nikmat yang paling besar yang terkadang kita lupa mensyukurinya adalah kesehatan.

zujoe mengatakan...

mudah2an kita bisa jadi manusia yang lebih baik yaa.... dengan bersyukur tentunya...

CAHAYA NURANI mengatakan...

saya pikir bersyukur merupakan jalan menuju kebahagiaan,,, n ketika kita brsyukur itu memang untuk kebaikan kita sendiri,,,

agoez3 mengatakan...

Wah, inilah dari sekian postingan mas awal yang insya allah benyak manfaat bagi sobat semuanya.
Saya kadang2 terlupa akan segala nikmatNya yang tiada terhingga. Saya juga sering membanding2kan keadaan saya dengan yang dialami orang lain, padahal seperti y6 mas awal tulis tadi, seharusnya kita bersyukur atas apa yang ada pada diri kita.

Konsep syukur dengan menuliskan kejadian - kejadian kecil yang dialami sehari-hari adalah sesuatu yang baru saya dengar. That's awsome!!
Ya, ilmu baru untuk hari ini, insya allah akan saya praktekkan.
Terima kasih mas awal

Selamat pagi semuanya

semar mengatakan...

posting yang bagus... semakin kita besyukur semakin akan ditambah nikmat kita oleh Alloh SWT.

Awal Sholeh mengatakan...

@ Anak Pendang Sekeluarga : semoga selamat sampe tujuan dan semoga apa yang dicapai disana bermanfaat. amin.

@ wiyono & tiara : salam kenal semoga bisa semakin akrab.

Awal Sholeh mengatakan...

mas andi: matur nuwun mas, semoga ilmu mas bermanfaat bagi yang lain. soalnya banyak yang nelp nanya ttg CQ 40

donalduck mengatakan...

bersyukur.. berarti mengingat Allah Ta'ala... kepada siapa lagi kita berharap kalo bukan kepadaNya..

reni mengatakan...

Mensyukuri nikmat akan menambah nikmat yang diberikan-Nya pada kita dan membuat hidup kita jauh lebih tenang.
Nice posting !!

Awal Sholeh mengatakan...

@ agoes: ya mas, saya pun juga kadang kurang bisa bersyukur padahal dah mencoba, yah apakah dah sifat dari alami saya sendiri. he3...

Awal Sholeh mengatakan...

@ zujoe, CAHAYA NURANI, semar, donalduck dan bunda reni: semoga postingan yang saya dapat bisa berbagi dan mempunyai makna walaupun dapat dari temen yang lain. ;)

@ mas setiawan: ya kesehatan merupakan salah satu yang paling berharga mas.

anywhere_Smile mengatakan...

Simpler and easier just links london various facets of being married the ought links london jewellery to be obtained and tradition recently indicated links of london sale actually divided regarding the bride's family, links of london silver the groom's family, as well as the groom himself. discount links of london Over are the days where the bride's parents insures links of london ring uk every single thing make a list of to links of london friendship bracelets sale perfect detail. For a short period, tradition had shifted this obligation to qualify for the links sweetie bracelet three parties soon discussed the following., a response, links of london earrings as well as ever-popular brunch. Experience entered production although there required to links of london necklaces sale twelve inches into your market by the grooms telephone and therefore bridal individual.

dedi arman mengatakan...

Subhanallah

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Recent Comentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com